Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Perbedaan Istilah Inverter Dan Konverter Listrik

WikiKomponen.Com – Perbedaan istilah Inverter dan Konverter listrik serta trafo dan rectifier masing sering membingungkan. Padahal, penyebutan peralatan sangat penting agar rancangan dan produk yang dibeli tidak salah. Berikut ini perbedaannya.Perbedaan Istilah Inverter Dan Konverter Listrik

Perbedaan Istilah Inverter Dan Konverter Listrik

Pengertian Inverter

Inverter adalah sebuah peralatan yang dipergunakan untuk merubah arus listrik DC menjadi arus AC. Dalam inverter sering kita kenal dengan gelombang persegi dan gelombang sinus.

Gelombang persegi akan sangat merusak peralatan elektronik, karena itu, gelombang AC yang dihasilkan harus difilter sehingga membentuk gelombang yang mendekati gelombang AC yang sebenarnya. Pelajari lebih lanjut tentang gelombang sinus di artikel kami yang lain.

Ads Metta3

Hampir semua energi yang dihasilkan oleh alam adalah dalam bentuk arus DC. Aki adalah DC, Petir adalah DC, energi alternatif adalah DC. Sedangkan listrik dalam bentuk arus AC merupakan buatan manusia. Listrik AC hanya bisa dihasilkan oleh alternator.

Fungsi inverter adalah meniru semirip mungkin arus DC agar mirip dengan sifat arus AC. Jadi gelombang AC adalah gelombang bolak balik. Dan semakin mirip bentuk arus yang dihasilkan oleh sebuah inverter, maka inverter tersebut dikatakan semakin baik kualitasnya.

Pengertian Konverter

Konverter sendiri merupakan sebutan yang sangat luas. Di dalam dunia elektronik dan listrik, konverter bahkan dipergunakan sebagai pengubah bentuk colokan. Namun, yang kita bahas di sini adalah kata konverter dalam hal perubahan jenis listrik.

Konverter dipergunakan untuk menjelaskan perubahan arus listrik dari dari AC menjadi DC. Biasanya konverter merupakan sebuah power supply DC yang merubah arus listrik AC ke arus DC dengan voltase berbeda.

Perbedaan Inverter dengan Trafo

Hampir semua inverter maupun konverter melibatkan trafo. Namun baik inverter maupun konverter berbeda dengan trafo. Trafo pada dasarnya merupakan alat untuk merubah arus AC menjadi AC dengan voltase yang berbeda. Jadi, pada sebuah trafo arus tidak mengalami perubahan bentuk gelombang selain besaran arus dan voltase.

Perbedaan Inverter dengan Rectifier

Rectifier banyak dipergunakan pada peralatan tertentu. Namun, sebuah rectifier pada dasarnya merupakan sebuah power supply DC. Rectifier merupakan trafo yang telah terpasang penyearah DC. Walaupun demikian, rectifier biasanya tidak dipergunakan sebagai power supply karena tidak harus dipasang perata.

Rectifier merupakan kebalikan atau lawan dari Inverter. Jika inverter bekerja merubah arus DC menjadi arus AC, maka rectifier justru merubah arus AC menjadi arus DC. Mudah-mudahan penjelasan singkat ini dapat dipahami.

Demikan sedikit penjelasan tentang perbedaan istilah Inverter dan Konverter listrik. Semoga bermanfaat

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *