Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Perbedaan Fungsi ELCB Dengan MCB Umum Serta Kelebihannya

WikiKomponen.ComPerbedaan Fungsi ELCB Dengan MCB Umum Serta Kelebihannya. ELCB atau Earth Leakage Circuit Breaker secara fisik mirip dengan MCB pada umumnya. Namun perbedaan utama dari unit tersebut adalah membatasi kebocoran listrik ke ground yang biasanya terjadi karena seseorang tersengat listrik atau terjadi kontak dengan baja konstruksi saat pemasangan. Unit tersebut lebih bersifat pengaman terhadap manusia dari pada sekedar pembatas besarnya arus.

Perbedaan Fungsi ELCB Dengan MCB Umum Serta Kelebihannya

Perbedaan Fungsi ELCB Dengan MCB Umum Serta Kelebihannya

Perbedaan Fungsi ELCB Dengan MCB Umum Serta Kelebihannya.

Jika pada MCB, arus hanya akan diputus jika arus listrik yang melaluinya melampau rating yang tertera pada MCB. sehingga pada instalasi listrik yang besar, fungsi pengaman untuk manusia tidak banyak bermanfaat. MCB baru akan memutus listrik jika telah mencapai arus maksimal yang diijinkan. Padahal manusia tidak akan bertahan dalam kondisi tersengat listrik hingga arus tertentu sebelum MCB bekerja.

Ads Metta3

Pada ELCB memiliki fitur yang berbeda yaitu mendeteksi kebocoran listrik ke ground. Bila seseorang tersetrum listrik dalam jaringan tersebut, arus akan dengan sendirinya dibuang ke tanah melalui tubuh. Fungsi ELCB adalah untuk mendeteksi kondisi tersebut.

Prinsip Dan Cara Kerja ELCB

Cara kerja sebuah ELCB adalah menggunakan sebuah relay dengan salah satu konduktor terhubung ke body peralatan sebagai proteksi, sedangkan konduktor yang lain terhubung langsung ke ground earth. Jika terdapat kebocoran, atau body mengalami short dengan aliran, maka akan terjadi perbedaan voltase antara kedua terminal tersebut. Perbedaan voltase ini akan menggerakan coil relay. Sehingga saat arus yang mengalir melampaui ambang aman, maka akan memicu relay memutus aliran ke peralatan tersebut.

Perhatikan sirkuit berikut ini.

Perbedaan Fungsi ELCB Dengan MCB Umum Serta Kelebihannya - Diagram Prinsip Dan Cara Kerja ELCB

Kelebihan ELCB

Bila seseorang mengalami tersengat listrik, maka unit ini akan dapat bekerja dalam waktu kurang dari 0.1 detik untuk memutus arus listrik. Selain melindungi manusia, ELCB juga sangat berguna untuk melindungi peralatan yagn sangat sensitif terhadap kebocoran listrik akibat kesalahan instalasi maupun kerusakan instalasi karena berbagai hal.

Tentu saja ELCB juga memiliki fungsi seperti halnya MCB yakni membatasi arus dan melindungi berbagai alat dari kerusakan akibat kelebihan beban. Dari segi harga, ELCB lebih mahal dari pada MCB umumnya. ELCB terdiri dari unit yang bekerja sebagaimana sebuah MCB dan sebuah unit lain yang bekerja mendeteksi kebocoran listrik.

ELCB bahkan dapat memutus arus saat tersentuh langsung dengan konduktor listrik terutama pada beberapa jenis yang memiliki sensitifitas yang sangat tinggi. Perbedaan fungsi ELCB dengan MCB umum serta kelebihannya inilah yang menyebabkan unit ini menjadi standar pemasangan listrik di berbagai negara yang mengisyaratkan keamanan konsumen.

Bentuk ELCB

Perbedaan Fungsi ELCB Dengan MCB Umum Serta Kelebihannya

Unit tersebut sangat banyak dipasang pada instalasi umum, hotel, taman dan berbagai fasilitas umum yang mengharuskan keamanan yang lebih ketat untuk keamanan manusia.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *