Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian Thermistor PTC NTC Dan Cara Kerjanya

WikiKomponen.comPengertian Thermistor PTC NTC Dan Cara Kerjanya. Komponen ini merupakan resistor yang bekerja berdasarkan suhu lingkungan. Dengan berubahnya temperatur, besaran resistansi dalam komponen tersebut akan turut berubah. Perubahan tersebut dapat berbanding lurus atau berbanding terbalik dengan temperatur yang bekerja pada komponen tersebut.

Pengertian Thermistor PTC NTC Dan Cara Kerjanya

Seperti yang telah disebutkan di atas, thermistor adalah jenis resistor yang nilai tahanan atau nilai resistansinya berubah seiring dengan suhu atau temperature yang dikenakan kepadanya. Thermistor berasal dari kata  thermal resistor yang berarti resistor yang bekerja berdasarkan temperatur. Thermistor dapat dibagi atas 2 jenis, yaitu NTC atau Negative Temperature Coefficien dan PTC atau Positive Temperature Coefficient.

Cara Kerja Thermistor

Thermistor NTC.

Jenis NTC memiliki nilai resistansi yang akan menurun jika suhu yang bekerja padanya meningkat atau bertambah panas. Semakin tinggi suhu, maka arus yang dapat melalui resistor ini justru akan semakin besar.

Ads Metta3

Thermistor PTC

Jenis ini memiliki sifat yang berkebalikan dengan NTC. Pada Thermistor PTC, jika suhu yang bekerja padanya meningkat, maka tahanan dalam komponen tersebut akan meningkat seiring dengan peningkatan suhu. Akibatnya, arus yang mengalir melalui rangkaian atau komponen tersebut akan semakin dibatasi hingga terhenti sama sekali.

Bentuk Dan Simbol Thermistor

Bentuk-Bentuk Thermistor

Komponen tersebut berbentuk disk yang lebih mirip dengan kapasitor keramik. Sepintas, bentuknya persis seperti kapasitor keramik. Namun, umumnya komponen tersebut berwarna hitam, coklat, ataupun merah.

Terdapat beberapa bentuk thermistor. Berikut adalah gambar bentuk thermistor yang banyak ditemui dipasaran.

Pengertian Thermistor PTC NTC Dan Cara Kerjanya

Pengertian Thermistor PTC NTC Dan Cara Kerjanya

Simbol Thermistor

Thermistor memiliki simbol menyerupai potensio. Namun dalam notasi yang selalu ditandai dengan huruf T. Berikut merupakan simbol standar yang dipergunakan untuk menandai komponen jenis PTC dan NTC dalam rangkaian.

Simbol Thermistor - Pengertian Thermistor PTC NTC Dan Cara Kerjanya

Simbol Thermistor

Pemakaian Dan Aplikasi Thermistor PTC Dan NTC

Karena kemampuannya dalam merubah besarnya resistasi sesuai dengan temperatur yang bekerja padanya, maka komponen tersebut banyak sekali dipergunakan sebagai pembatas arus, pengaman circuit, soft start, serta pengaman otomatis pengendalian relay.

Pengertian thermistor PTC NTC dan cara kerjanya ini membuat komponen tersebut dapat bekerja untuk menahan aliran arus melalui komponen tersebut seperti sebuah saklar atau katup yang dapat membuka dan menutup berdasarkan kondisi suhu yang bekerja padanya.

Baca Juga Artikel :

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *