Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian SCR Dan Prinsip Kerja Komponen Silicon Control Rectifier

WikiKomponen.com – Jika sebelumnya kita telah mengenal rectifier atau diode, maka di sini kita akan membahas jenis dioda SCR, fungsi, pengertian SCR dan prinsip kerja komponen silicon control rectifier sebagai saklar pengatur arus yang banyak dipergunakan untuk reaktor, mesin las maupun dimmer.

Pengertian SCR Dan Prinsip Kerja Komponen Silicon Control Rectifier

SCR atau Silicon Controlled Rectifier merupakan sebuah dioda yang memiliki gate pengendali pada salah satu terminalnya. Berbeda dengan dioda, pada SCR memiliki 3 terminal atau kaki. Sedangkan dioda hanya memiliki 2 buah terminal atau 2 kaki.

SCR bekerja dengan cara mengalirkan arus ke kaki Gate untuk mengatur kerja dari SCR. Output sebuah SCR akan berubah seiring dengan perubahan input yang diberikan ke kaki Gate tersebut.

Ads Metta3

SCR sendiri berasal dari kata Silicon Control Rectifier yang berarti rectifier yang bekerja secara aktif melalui pengendalian input sensing gate untuk mengatur output diode.

Perbedaan Dioda Dengan SCR

Salah satu perbedaan utama dari SCR dan Dioda adalah pada bentuk fisiknya. Pada SCR kita hanya bisa menemukan 2 buah terminal saja, sedangkan pada jenis SCR akan ditemukan 3 buah terminal.
Perbedaan ini lebih lanjut bisa dilihat pada bagian yang khusus membahas perbedaan kedua komponen tersebut.

Aplikasi Dan Fungsi SCR

Terminal kaki yang ketiga pada SCR disebut dengan Gate atau control gate yang berfungsi untuk mengatur atau mengendalikan pembukaan pada besaran arus pada bagian output. Dikaki inilah kondisi output dikendalikan. Sedangkan kaki yang lain sama seperti kaki diode yang terdiri dari anoda atau Katoda.

Pengertian SCR Dan Prinsip Kerja Komponen Silicon Control Rectifier

Pengertian SCR Dan Prinsip Kerja Komponen Silicon Control Rectifier

SCR atau Silicon Controlled Rectifier termasuk salah satu jenis Thyristor yang difungsikan sebagai penyearah dan saklar

Thrystor sendiri diperkenalkan sejak tahun 1956. Sejak diperkenalkan, SCR merupakan komponen popular karena mampu mengendalikan tegangan dan arus yang relatif besar walaupun bentuknya kecil.
SCR atau Thyristor banyak difungsikan sebagai Saklar ataun konroler rangkaian listrik untuk tanganan dan arus yang kecil hingga besar tergantung tipenya.

SCR banyak dipergunakan untuk rangkaian elektronika maupun listrik seperti Mesin Las, Dimmer, Speed controller atau pengendali kecepatan motor, rangkaian osilator, rangkaian inverter, serta timer.

Sebuah SCR terdiri dari 4 lapis Semikonduktor dengan urutan PNPN. Sehingga disebut juga dengan PNPN Trioda. Terminal Gate yang berperan sebagai pengendali terletak di lapisan P yang berdekatan dengan Kaki Terminal katoda. Cara kerja SCR mirip dengan sambungan dua buah bi-polar transistor ( Bipolar Junction Transistor).

Selain pemahaman tentang pengertian SCR dan prinsip kerja komponen Silicon Control Rectifier ini, masih ada bagian lain yang membahas tentang fungsi SCR secara lebih dan hal-hal berkaitan dengan SCR.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *