Pengertian Fungsi Dan Jenis Ferrite Bead

Pengertian Fungsi Dan Jenis Ferrite Bead

WikiKomponen.com – Apa saja pengertian fungsi dan jenis Ferrite Bead serta kegunaannya? Ferrite Bead merupakan sejenis komponen elektronik pasif yang terbuat dari material berbahan dasar ferit dengan bentuk seperti sebuah silinder. Kegunaan ferrite core yang dipasang mengelilingi sebuah kabel, kabel USB, kabel charger, rangkaian tertentu, charger laptop, kabel TV, kabel peralatan kedokteran, serta kabel printer pada dasarnya hampir sama, yakni mengurangi gangguan atau noise.

Pengertian Fungsi Dan Jenis Ferrite Bead

Ferrite bead sendiri merupakan sebuah bahan berupa ferrite atau berbahan ferit yang disandingkan ke dalam komponen secara induktif.

Fungsi Ferrite Beads

Fungsi Ferrite Bead yang terpasang pada kabel bertujuan untuk filtrasi gelompang tertentu sehingga dapat mecegah noise yang timbul karena frekuensi tinggi dalam suatu rangkaian atau peralatan elektronik. Umumnya ferrite beads hanya dipasangakan pada peralatan yang sensitive dan memerlukan nilai gangguan yang kecil agar peralatan dapat berfungsi maksimal. Ferrite beads juga difungsikan sebagai EMI filter untuk peralatan navigasi dan radar.

Ads Metta3

Ferrite Bead memiliki kemiripan material untuk pembuatan ferrite coil dan trafo frekuensi tinggi. Cara kerjanya berdasarkan atas filter terhadap frekuensi tinggi, sehingga tidak bisa melalui bagian yang dipasang ferrite beads. Bahan dasar ferit berupa campuran senyawa berbagai elemen bubuk logam oksidas besi dan zink.

Bahkan campuran lain seperti nikel, zink, mangan dan magnesium merupakan factor penentu nilai dari sebuah ferrite. Bubuk besi oksida dan campuranya ini kemudian dipadatkan melau proses pemanasan suhu tinggi serta bertekanan tinggi yang sering disebut dengan proses sintering , sehingga menjadi berwujud  padat dengan bentuk yang direncanakan sesuai moulding . Ada juga yang menyebutkan Ferrite Bead sebagai Feritte Choke.

Ketika arus melalui ferrite core, maka akan timbul induksi yang mampu menghambat frekuensi tertentu seperti gelombang radio atau yang kita sebut dengan noise tersebut, sehingga tidak turut serta masuk ke dalam rangkaian yang ingin disaring.

Jadi prinsipnya , sebuah EMI filter merupakan sebuah saringan dalam artian sehari-hari agar lebih mudah untuk dipahami.

Sedangkan pada peralatan charger, hal ini befungsi agar selama pengecasan, sinyal yang masuk tidak menyertakan frekuensi pengotor yang dapat masuk kedalam peralatan dan meprioritaskan arus listrik agar maksimal.

Ferrite Bead bertugas untuk menghalangi emisi berupa gelombang radio melalui kabel, sehingga mampu memaksimalkan pasokan listrik selama pengisian listrik baterai dan menganggu kerja perangkat lain yang terhubung.

Pengertian Fungsi Dan Jenis Ferrite Bead

Jenis-Jenis Ferrite Bead

Terdapat berbagai macam bentuk ferrite bead. Berbagai bentuk ferrite beads tersebut sangat ditentukan oleh berbagai parameter seperti DC resisten, ukuran, arus, impedansi, suhu operasional, serta bentuk komponen itu sendiri.

Umumnya, impedansi untuk ferrite beads berkisar antara 120 ohm, 220 ohm, 1kOhm, bahkan 2.7KOhm. Sedangkan dari segi besar arus, komponen mampu membawa hingga 0.2mA hingga 4000 Amper. Namun, umumnya ferrite bead di pasaran yang banyak ditemukan memiliki rating arus antara 200 mA hingga 500 mA

Author: Wikikomponen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *