Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian Definisi Dan Aplikasi IGBT Dalam Elektronik

WikiKomponen.com – Pengertian Definisi Dan Aplikasi IGBT Dalam Elektronik. Penggunaan dalam Inverter, AC drive, VSD, Servo, Motor Stepper, Power Supply Switching serta vector drive komponen IGBT ( Insulated Gate Bipolar Transistor ) dalam industri permesinan dan peralatan industri sudah sangat banyak dipergunakan.

Pengertian Definisi Dan Aplikasi IGBT Dalam Elektronik

Pengertian IGBT

IGBT merupakan komponen semikonduktor dengan tiga terminal utama yang banyak dipergunakan sebagai switch yang mengkombinasikan kecepatan switching efisiensi tinggi. IGBT sendiri merupakan transistor yang dirancang dengan impedasi tinggi, sehingga tidak membebani rangkaian control terutama pada bagian driver.

Kelebihan IGBT

Bagian output IGBT memiliki tahanan yang sangat besar saat tidak menghantarkan arus, sehingga arus yang mengalir melaluinya sangat kecil. Sedangkan saat menghantarkan arus, memiliki tahanan yang sangat kecil. Sehingga berfungsi seperti sebuah saklar.

IGBT memiliki kecepatan dan frekuensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan transistor umumnya, karena itu sangat banyak dipergunakan pada pengendali alat penggerak motor.

Kekurangan IGBT

IGBT dijual dengan harga yang sangat mahal, hal ini membuat rancangan mesin menjadi lebih mahal jika menggunakan IGBT sebagai transistor driver. Rangkaian IGBT harus terus menerus disupply dengan voltase sebesar 2 volt untuk walaupun sedang tidak bekerja.

Hal inilah yang menyebabkan mengapa IGBT tidak banyak dipergunakan untuk peralatan elektronik rumah tangga yang memerlukan harga jual yang murah.

Seperti halnya dengan transistor, IGBT juga memiliki polaritas seperti halnya transistor. IGBT terdiri dari jenis Negatif dan Positif Drive.

Bentuk Dan Gambar IGBT

IGBT biasanya dipacking dalam bentuk yang kompak. Umumnya IGBT mampu menangani arus antara 150A hingga 3600A. Kemampuan menangani arus yang besar ini membuat komponen tersebut sangat ideal untuk diaplikasikan pada peralatan yang memerlukan beban kerja yang berat seperti mesin industri, kereta api komuter serta berbagai peralatan yang menggunakan daya yang sangat ekstrim terhadap keselamatan.

Pengertian Definisi Dan Aplikasi IGBT Dalam Elektronik

Pengertian Definisi Dan Aplikasi IGBT Dalam Elektronik

Selain pengertian definisi dan aplikasi IGBT dalam elektronik, baca juga artikel tentang cara pengukuran IGBT pada bagian lain dari laman ini.

Aplikasi Komponen IGBT Dalam Industri

IGBT banyak dipergunakan pada peralatan industri antara lain:

  • Mesin Las
  • Mesin Inverter
  • Sebagai saklar dan gerbang arus
  • Servo
  • AC Drive

Cara Test IGBT ( Pengetesan IGBT )

  • Pindahkan posisi tester ke skala pengukuran dioda
  • Sentuh tombol + (merah) mengarah ke G1 dan – (hitam) ke E1.
  • Sentuh tombol + (merah) mengarah ke G2 dan – (hitam) ke E2.
  • Ukur resistansi antara C1 dan C2 / E1. Sebaiknya baca resistansi rendah (sekitar diode drop). Penuntun meter belakang, pembacaan harus sama.
  • Ukur resistansi antara E2 dan C2 / E1. Sebaiknya baca resistansi rendah (sekitar diode drop). Penuntun meter belakang, pembacaan harus sama.

Cara Matikan Q1 Dan Q2 IGBT

  • Pergunakan posisi pengukuran dioda
  • Sentuh tombol + (merah) mengarah ke E1 dan – (hitam) ke G1.
  • Sentuh tombol + (merah) mengarah ke E2 dan – (hitam) ke G2.
  • Ukur resistansi antara C2 / E1 (+) dan C1 (-). Sebaiknya baca resistansi rendah (sama seperti pada langkah 2c.). Reverse meter mengarah. Baca resistansi tak terbatas.
  • Ukur resistansi antara C2 / E1 (-) dan E2 (+). Sebaiknya baca resistansi rendah (sama seperti pada langkah 2d.). Reverse meter mengarah. Baca resistansi tak terbatas.

Khusus untuk IGBT besar, daya untuk menghidupkan IGBT mungkin tidak mencukupi, sehingga dianjurkan menggunakan tester 9 Volt. Jangan menggunakan tester portable yang besar dengan aliran listrik langsung menggunakan PLN karena berpotensi merusak komponen IGBT

Jenis-Jenis IGBT

IGBT secara garis besar dapat dibagi menjadi 2 kelompok yaitu :

  1. NPT IGBT
  2. PT IGBT

Baca lebih lanjut tentang kedua hal tersebut pada referensi terkait.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *