Pengertian Dan Fungsi Komponen Aktif Dan Pasif Dalam Elektronik

Pengertian Dan Fungsi Komponen Aktif Dan Pasif Dalam Elektronik

WikiKomponen.com – Dalam dunia elektronika, sering kita mendengar istilah komponen aktif dan pasif. Apa sebenarnya pengertian dan fungsi komponen aktif dan pasif dalam elektronik serta contoh dan jenisnya ?Pengertian Dan Fungsi Komponen Aktif Dan Pasif Dalam Elektronik

Pengertian Dan Fungsi Komponen Aktif Dan Pasif Dalam Elektronik

Definisi komponen aktif adalah perangkat yang memiliki filter elektronik analog dengan kemampuan untuk memperkuat sinyal atau menghasilkan kekuatan. Ada dua jenis komponen aktif yaitu jenis tabung elektron dan semikonduktor atau perangkat solid-state. Secara harafiah, komponen aktif dapat disamakan dengan osilator, transistor atau IC ( Integrated Cirkuit ).

Komponen Aktif

Komponen aktif berfungsi sebagai rangkaian dalam suatu perangkat, yang berfungsi untuk meningkatkan daya aktif, tegangan atau arus. Komponen aktif dapat melakukan ini karena didukung oleh sumber listrik yang terpisah dari sinyal listrik.

Maksudnya komponen aktif dapat bekerja jika ada supply arus kedalam komponen secara terpisa seperti halnya semikinduktor dan transistor. Transistor dasar umumnya digunakan dalam penguat, yang meningkatkan sinyal I / O aktif saat ini menggunakan catu daya arus searah (DC) untuk menyediakan daya yang diperlukan.

Perangkat aktif memiliki kemampuan untuk mengontrol aliran elektron dan memungkinkan tegangan untuk mengontrol arus atau memungkinkan arus lain untuk mengambil kendali. Perangkat yang dikontrol tegangan, seperti tabung hampa udara, mengontrol sinyal mereka sendiri, sementara perangkat yang dikendalikan arus, seperti transistor sambungan bipolar, memungkinkan satu arus untuk mengendalikan yang lain.

Semua komponen aktif membutuhkan sumber energi, yang umumnya berasal dari sirkuit DC. Selain itu, perangkat aktif umumnya dapat menanamkan daya ke sirkuit seperti transistor, tabung vakum triode atau dioda.

Komponen Aktif Pasif

Komponen yang tidak aktif disebut komponen pasif. Saat komponen pasif diberikan arus, maka komponen ini akan mengkonsumsi energi dan tidak memiliki kemampuan untuk meningkatkan tenaga. Komponen pasif dasar termasuk kapasitor, resistor dan induktor.

Kedua pengertian ini terus dipakai hingga hari. Untuk memahami pengertian dan fungsi komponen aktif dan pasif dalam elektronik dan peran kedua komponen tersebut, silakan pelajari lebih lanjut fungsi komponen-komponen seperti resistor, kapasitor, trafo, induktor, IC, transistor secara terpisah pada artikel terkait.

Author: Wikikomponen

1 thought on “Pengertian Dan Fungsi Komponen Aktif Dan Pasif Dalam Elektronik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.