Pengertian Cara Kerja Dioda Bridge Dan Kelebihannya

Sejarah Perkembangan Dioda Bridge.

WikiKomponen.com Pengertian Cara Kerja Dioda Bridge Dan Kelebihannya. Kegunaan dioda brige tidak berbeda dengan dioda lainnya. Keuntungan dioda ini adalah kemudahan dalam penggunaannya. Jika dioda biasa harus menggunakan 4 buah dioda untuk dapat membentuk sebuah rangkaian DC yang penuh, maka pada dioda bridge hanya diperlukan sebuah komponen yang sudah berisi 4 buah dioda.

Sejarah Perkembangan Dioda Bridge - Pengertian Cara Kerja Dioda Bridge Dan Kelebihannya
Sejarah Perkembangan Dioda Bridge.

Pengertian Cara Kerja Dioda Bridge Dan Kelebihannya

Sebelum bahas lebih lanjut tentang pengertian cara kerja Dioda Bridge dan kelebihannya, ada baiknya kita lihat sekilat mengenai sejarah perkembangannya.

Sejarah Perkembangan Dioda Bridge.

Dioda Bridge dikembangkan ilmuwan inggris bernama JA Fleming pada sekitar 1904.  Dasar pengembagan dioda bridge sebenarnya merupakan sebuah dioda yang tersusun dari 4 buah dioda dengan polaritas yang telah di allign untuk menghasilkan listrik DC.

Ads Metta3

Pengertian Dan Cara Kerja Dioda Bridge

Dioda bridge merupakan sebuah komponen yang berisi empat buah dioda yang berguna untuk mengatur arah polaritas DC yang keluar dari kaki DC agar tidak terjadi pembalikan fase saat sumber arus listrik AC dibalik atau di tukar.

Tidak ada perbedaan pada  cara kerja dioda bridge jika dibandingakan dengan dioda biasa. Namun dioda ini memudahkan saat pemasangan karena rangkaian dioda tersebut telah tertata sesuai dengan polaritasnya, sehingga tidak perlu lagi mengatur arah arus sendiri.

Dioda bisa kita merupakan silicon yang mengalirkan arus ke satu arah, sedangkan arus ke arah sebaliknya akan ditutup. Untuk itulah dioda sering juga disebut dengan penyearah.

Dalam sebuah dioda bridge, terdapat 4 buah terminal yaitu 2 buah terminal AC sebagai input sumber arus, sedangkan 2 kaki lainnya merupakan arus DC positif dan negatif.

Bentuk Dioda Bridge

Dari segi bentuk, dioda bridge memiliki bentuk mulai dari bulat, sisir, dan meja. Biasanya dioda bridge berukuran besar akan memiliki bentuk meja. Sedangkan untuk ukuran kecil biasanya berupa tabung dan sisir. Penyearah bentuk dioda bridge membuat pemasangan komponen semakin mudah karena memiliki susunan yang lebih kompak dan ukuran lebih kecil.

Dalam artikel pengertian cara kerja dioda bridge dan kelebihannya ini tidak akan dibahas tentang material dan fungsi dioda. Tetapi anda dapat menjumpai artikel lain seperti jenis dioda dan aplikasinya pada bagian lain dari situs ini. Semoga bermanfaat.

Kelebihan Dioda Bridge

Secara keseluruhan, sebuah dioda bridge memiliki beberapa kelebihan antara lain sebagai berikut:

  • Full Wave Rectifier. Sebuah dioda bridge mampu menghasilkan arus DC dengan gelombang full wave. ( Pelajari pengertian dan bentuk gelombang Full Wave ) . Gelombang demikian lebih unggul dan lebih baik,  sehingga lebih efisien dibandingkan dengan gelombang half wave
  • Lebih mudah dalam pemasangan. Seperti yang sudah disebutkan di atas, dioda bridge jauh lebih mudah dalam pemasangan. Tidak perlu skil khusus untuk menangani polaritas. Seluruh polaritan dan input sudah tertera dalam dioda, sehingga tidak perlu terlalu banyak melakukan rancangan.
  • Dioda bride memungkinkan pemasangan heatsink yang lebih besar dan lebih mudah.
  • Harga trafo yang dipergunakan lebih murah. Dengan menggunakan trafo non center tap trafo ini sudah mampu menghasilkan arus yang besar dengan ukuran lebih kecil.
  • Harga komponen dioda Bridge jauh lebih murah dari pada dioda stud yang besar. Perbandingan harga dioda bridge dengan dioda stud untuk full wave mencapai 2x lipat.
  • Mudah ditemukan. Dioda bridge jauh lebih mudah ditemukan dibandingkan dengan dioda stud yang berukuran besar. Saat ini banyak dijual secara online dioda besar yang harganya cukup murah.

Pengertian Full Wave VS Half Wave

Untuk mengurangi ripple dan penurunan voltase, kita dapat menggunakan kapasitor sebagai perata secara paralel pada output power supply.

Walaupun metode ini mungkin cocok untuk aplikasi berdaya rendah, metode ini ternyata tidak cocok untuk aplikasi yang membutuhkan tegangan suplai DC yang stabil dan lincah.

Salah satu metode untuk memperbaiki ini adalah dengan menggunakan setiap setengah siklus dari tegangan input daripada setiap setengah siklus lainnya. Sirkuit yang memungkinkan kita melakukan ini disebut Full Wave Rectifier.

Seperti sirkuit half wave, sirkuit penyearah Dalam sirkuit Full Wave Rectifier dua dioda sekarang digunakan, satu untuk setiap setengah siklus. Transformator belitan berganda digunakan yang belitan sekundernya dibagi secara merata menjadi dua bagian dengan koneksi tengah yang disadap, (C). Konfigurasi ini menghasilkan setiap dioda yang bekerja pada gilirannya ketika terminal anodanya positif berkenaan dengan titik pusat transformator C menghasilkan output selama kedua setengah siklus, dua kali lipat untuk penyearah half wavesehingga 100% efisien seperti yang ditunjukkan di bawah ini.menghasilkan tegangan atau arus keluaran yang murni DC atau memiliki beberapa komponen DC tertentu.

Penyearah full wave memiliki beberapa keunggulan mendasar dibandingkan penyearah half wave nya. Tegangan output rata-rata (DC) lebih tinggi daripada half wave, output penyearah gelombang penuh memiliki riak yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan penyearah half wave yang menghasilkan bentuk gelombang keluaran yang lebih halus.

Pengertian Full Wave VS Half Wave

Dalam sirkuit Full Wave Rectifier dua dioda sekarang digunakan, satu untuk setiap setengah siklus. Transformator belitan berganda digunakan yang belitan sekundernya dibagi secara merata menjadi dua bagian dengan koneksi tengah yang disadap, (C). Konfigurasi ini menghasilkan setiap dioda yang bekerja pada gilirannya ketika terminal anodanya positif berkenaan dengan titik pusat transformator C menghasilkan output selama kedua setengah siklus, dua kali lipat untuk penyearah setengah gelombang sehingga 100% efisien seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Tips Menggunakan Dan Membeli Dioda

Perhatikan untuk memberikan spare saat membeli dioda. Penggunaan dioda bridge sebaiknya memperhatikan besar amper yang tersedia. Jangan menggunakan dioda dengan amper di bawah amper jaringan atau trafo. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan dioda bridge.

Sebutan dan Nama Lain Dioda Bridge di Indonesia

Dioda bridge dikenal dengan banyak sekali nama baik itu resmi maupun tidak resmi. Beberapa sebutan diantaranya :

  • Dioda Bridge
  • Dioda Kotak
  • Dioda Kiprok
  • Dioda Sisir
  • Dioda Modul

Demikian sekilas tentang dioda dan pengertian cara kerja dioda bridge dan kelebihannya. Semoga bermanfaat.

Author: Wikikomponen

19 thoughts on “Pengertian Cara Kerja Dioda Bridge Dan Kelebihannya

  1. Maaf sy mau tanya dioda sisir bisa atau tidak menurunkan dc 24 vol menjadi 12vol ?? kalau bisa gimanacaranya mohon penjelasannya.

    1. tergantung tipenya. umumnya bisa sampai 1200v kalau yang bagus.

  2. Permisi gan, saya ada trafo 20A dengan output 55 volt terus saya searahkan dengan paralel dioda bridge 35 A 10buah apakah mampu buat las DC ? apa dioda itu tetap terbakar walau diparalel banyak..

    1. agar mampu memperbesar arus, yang harus dibesarkan adalah arus trafonya , bukan diodanya. dioda 35A sudah cukup untuk menyearahkan arus 20A. Jadi berapa pun Amper dioda, bila supplynya hanya 20A, arusnya akan tetap keluar segitu.

  3. Pak,saya mau bertanya. Saya pemula,Saya punya power amplifier,menggunakan dioda sisir 4buah @8ampere,serta menggunakan auto softstart dan sekring 20ampere,kenapa sekring selalu putus klo saklar dinyalakan ya? Padahal elco sudah saya cabut,apakah kabel ground harus selalu terpasang pada saat pengujian,terimakasih
    Mohon sarannya

    1. Trafo memiliki rush in, untuk pengukuran, lepas atau bypass sekring agar tidak putus terus, kecuali anda mengukurnya dalam keadaan terpasang ke penyearah dioda, elco dll. Biasanya jenis trafo tersebut jenis Toroid jika dugaan saya tidak salah.

  4. Pk saya mau tanya, saya punya power supply output 24 V karena dioda nya rusak saya mau ganti tapi sparepart yg ada di pasaran kebanyakan d bawah yang aslinya
    Seri nya KBJ 1008G sementara yang sering saya temukan di toko KBJ 808G apakah bisa d gunakan terus apa efek nya kalau d pasang
    Terimakasih

    1. Untuk dioda terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan . Pertama adalah arus maksimum dioda. Bila arus dioda asli lebih kecil, maka penggantinya akan bisa. Kedua voltasenya. Perhatikan voltase jangan sampai dibawah voltase kerja dioda. Untuk power supply, jenis dioda fast recoveri atau normal recovery tidak terlalu masalah.

  5. Mas kalau menggabungkan 2 buah dioda bridge yang 8 Ampere apakah kapasitas ampere nya juga bertambah?, misalnya 2 buah dioda 8 ampere 1000v nanti berubah menjadi 16 ampere 1000v jika digabungkan? , Terima Kasih.

    1. Tergantung cara menghubungkannya. Pastikan untuk menjaga agar temperatur kedua dioda selalu sama untuk merk dan tipe dioda yang sama. Perubahan suhu akan merubah kemampuan mengalirkan arus pada salah satu dioda, sehingga bisa jadi arus akan mengalir lebih besar ke salah satu dioda yang berakibat tidak terujud.

  6. Selamat pagi.. salam kenal saya Pak Tri mau bertanya sedikit, perbedaan dioda rectifier dg dioda biasa dimana pak? Saya ada coba perbaiki tv LG tabung slim pakai Dioda D2SB60 dg data sheetnya 1.5A/600V , karena short, saya ganti dg dioda sisir biasa dg ampere lebih besar 3A. TV berhasil hidup, tapi hanya bertahan sekitar 2 hari saja. Kira2 apakah dioda tersebut yg saya ganti biasa tidak sesuai? Dg kata lain harus saya ganti dg D2SB60 bawaannya?? Trimakasih

    1. Dioda pada dasarnya adalah sebuah rectifier. istilah ini sering rancu karena penggunaanya untuk menyebut unit power supply DC, sebutan dioda bridge. Jadi jangan terlalu kuatir dengan sebutan diode atau rectifier atau dioda atau penyearah. Sama saja. Yang terpenting adalah spesifikasi dioda atau rectifier yang dipergunakan untuk substitusi . Jika sama atau lebiih besar, biasanya berhasil. Bahkan lebih kecil pun kalau memang arusnya masih dibawah batas dioda pengganti bisa berhasil. Mengenai dioda yang kembali rusak, periksa voltase dioda pengganti. Dioda bridge bervariasi mulai arus 24V hingga 1600V. Pilih yang specnya di atas 600V seperti aslinya.

  7. Apakah ada kerugian arus atau tegangan bila kita menggunakan Diode yang jauh lebih besar daripada yang dibutuhkan? Misalnya Trafo 2A tapi diode bridge 25A?

    Terimakasih

    1. Tidak ada. Justru menggunakan dioda dengan amper atau arus yang lebih besar dapat mmengurangi loss akibat panas

  8. apakah dioda fsb7510a aman kalo saya pakai untuk pengecasan aki pada motor matic (membantu kiprok karena akinya selalu tekor)
    mohon dibalas, makasih

    1. Aki yang selalu tekor biasanya disebabkan oleh usia pemakaian. Rata-rata aki dapat dipergunakan sekitar 2 tahun dengan perawatan yanng baik. setelah itu harus diganti atau direkondisi. Pengecasan dengan dioda fsb7510a aman-aman saja. semakin besar semakin baik , jadi jangan kuatir tentang besarnya dioda.

  9. Saya punya dioda bridge model meja,disutu tertulis 10A,bisa nda saya pke buat charger aki pke travo 5A..? Tolong penjelasannya….!

    1. Bisa. Tulisan pada dioda menunjukkan arus maksimum yang bisa dilalui atau ditangani. Kalau hanya 5A artinya masih di bawah batas maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.