Pengaruh Polaritas Dan Cara Memasang Kabel Speaker

Pengaruh Polaritas Dan Cara Memasang Kabel Speaker

Wikikomponen.com – Pengaruh polaritas dan cara memasang kabel speaker terhadap kualitas suara dan reproduksi bass tidak dapat diabakan begitu saja. Kesalahan dalam pemasangan dapat menyebabkan menurunya kualitas suara yang dihasilkan oleh sepasang speaker.

Pengaruh Polaritas Dan Cara Memasang Kabel Speaker

Sebuah amplifier yang bagus merupakan syarat utama untuk menghasilkan suara musik yang jernih, bertenaga serta natural. Namun, hal ini tidak luput dari kualitas speaker yang dipergunakan. Jika penggunaan speaker tidak tepat, maka keseluruhan sistem tidak akan menghasilkan kualitas yang di harapkan. Hal ini telah pernah kita bahas pada pembahasan sebelumnya.Pengaruh Polaritas Dan Cara Memasang Kabel Speaker

Dalam kesempatan kali ini tidak akan dibahas ulang tentang hal-hal yang mempengaruhi bagus tidaknya sebuah speaker, tetapi lebih menekankan pada hal cara instalasi dan pemasangan atau menghubungkan amplifier dengan speaker.

Ads Metta3

Seperti kita ketahui sebelumnya bahwa kualitas kabel untuk sound sistem sangat banyak jenisnya. Mulai dari yang semeter Rp. 2000 hingga Rp. 5 juta per meter bisa ditemukan di pasaran. Namun, apappun jenis kabel yang dipergunakan, jika pemasanganya salah, maka hasil yang diperoleh tidak akan maksimal.

Setiap speaker memiliki polaritas. Dan umumnya speaker yang diproduksi oleh pabrik sudah diberikan kode warna merah dan hitam untuk membedakan polaritas.

Pengaruh polaritas dan cara memasang kabel speaker perlu diperhatikan agar tidak terjadi intervensi antara frekuensi suara speaker kanan dan kiri.

Cara yang paling mudah sebenarnya cukup mengikuti warna tersebut saat memasang kabel. Ikuti secara konsisten saat pemasangan. Dengan patuh kepada warna tersebut, maka pemasangan kabel tidak akan terbalik. Sehingga antara keluaran speaker kiri dan kanan akan saling mendukung untuk menguatkan.

Berbeda halnya jika pemasangan polaritas salah, maka antara bass keluaran speaker kiri dan kanan akan saling menghilangkan. Akibatnya bass akan terasa hambar dan tidak bertenaga. (Kecuali pada rancangan speaker tertentu yang sengaja dipasang terbalik untuk meningkatkan mid bass atau push pull).

Selain saat pemasangan, ternyata arah kabel juga harus diperhatikan. Ternyata kabel yang sudah lama dipergunakan sebaiknya tidak dibalik-balik. Ujung kabel yang biasa di pasang pada sisi amplifier sebaiknya jangan diputar ke arah speaker, demikian juga sebaliknya.

Author: Wikikomponen

2 thoughts on “Pengaruh Polaritas Dan Cara Memasang Kabel Speaker

  1. pagi mas maaf mau konsultasi neh mas.
    saya berencana mau buat box sub 15″ u yuk pemakaia sendiri di dlm ruang semi terbuka (contoh : garasi atau aula)
    kira2 box tipe apa yg cocok ya mas spkr sub sendir saya blm tau pakai merek apa yg lumayan bagus tpi ga nguras kantong.
    trus powernya sndiri kan ga ada mas yg po-amp khusus sub, barang x bisa kasi masukan mas pakai po-amp apa dan alat apa agar po-amp tersebut bisa di khususkan untuk subwoofer mas.

    sebelum dan sesudahnya saya ucapakn terimakasih

    1. jenis box yang sangat tergantung pada karakter yang ingiin di peroleh. Jika untuk mendapatkan bass yang flat low dengan distorsi kecil, sangat disarankan untuk mmenggunakan pushpull atau tertutup. Namun.bass reflex lebih gesit dan menghasilkan bas lebih dominan. Untuk sub besar sangat dianjurkan menggunakan aktif filter sebelum masuk ke amplifier.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *