Panel Surya Atau Solar Panel Penghasil Listrik Alternatif

Panel Surya Atau Solar Panel Penghasil Listrik Alternatif

WikiKomponen.com – Panel Surya Atau Solar Panel Penghasil Listrik Alternatif. Fungsi dan prinsip kerja panel surya atau Photovoltaic Cell yang mampu merubah cahaya matahari menjadi tenaga listrik telah menjadikannya menjadi salah satu pilihan populer dalam mengembangkan energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Secara fisik, panel surya merupakan kumpulan atau susunan dari sel surya untuk menghasilkan listrik yang lebih besar. Namun, dalam keseharian, panel surya di Indonesia sering juga disebut dengan sell surya.

Panel Surya Atau Solar Panel Penghasil Listrik Alternatif
Panel Surya Atau Solar Panel Penghasil Listrik Alternatif

Panel Surya Atau Solar Panel Penghasil Listrik Alternatif

Kelebihan Panel Surya Sebagai Penghasil Listrik

Panel surya bekerja dengan cara mengubah sinar matahari menjadi energi listrik. Dipilihnya cahaya matahari sumber energi karena :

Ads Metta3
  • Cahaya matahari merupakan sumber energi yang tidak terbatas.
  • Cahaya matahari tidak menghasilkan gas buang dan tidak menimbulkan pencemaran.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, panel sel surya terdiri dari beberapa sel surya  yang dihubungkan secara seri untuk menghasilkan voltase yang lebih besar, serta disusun secara paralel untuk menghasilkan arus yang lebih besar.

Bahan utama yang dipergunakan sebagai bahan pembuat sel surya adalah silikon. Material silikon direkayasa menjadi anoda dan katoda untuk dapat menghasilkan aliran elektron. Setiap sel surya hanya mampu menghasilkan sekitar 1.5 volt listrik DC, sehingga perlu ditumpuk untuk menghasilkan listrik yang lebih besar agar dapat dipergunakan.

Aplikasi Panel Surya

Sejak lama, panel surya telah dipergunakan untuk teknologi luar angkasa seperti supply listrik pada satelite dan pesawat luar angkasa. Selain itu, panel surya berukuran kecil juga dipergunakan pada kalkulator sejak lama. Bahkan beberapa tahun terakhir, penggunaan panel surya untuk manghasilkan listrik dipedalaman telah berjalan dengan baik.

Saat panel surya terkena sinar matahari, akan dihasilkan listrik DC. Umumnya panel surya dirancang untuk menghasilkan listrik hingga 12 volt. Listrik inilah yang kemudian dipergunakan untuk mengisi Aki atau disimpan dalam aki dalam bentuk kimia.

Muatan yang tersimpan dalam aki inilah yang nantinya dikonversi kembali menjadi listrik di dalam aki untuk dipergunakan baik secara langsung maupun terlebih dahulu dikonversikan ke dalam listrik AC.

Panel surya atau solar panel penghasil listrik alternatif ini diharapkan akan menjadi penghasil listrik di masa depan seiring perkembangan teknologi panel surya yang semakin baik.

Author: Wikikomponen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *