Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Nama Komponen DVD Player Dan Fungsinya

WikiKomponen.com Nama Komponen DVD Player Dan Fungsinya. Sebuah VCD maupun DVD player memiliki komponen utama seperti optik, power regulator, MPEG, mekanik serta beberapa bagian yang dirakit agar menjadi sebuah player yang siap pakai.

Nama Komponen DVD Player Dan Fungsinya

Nama Komponen DVD Player Dan Fungsinya

 

Nama Komponen DVD Player Dan Fungsinya

Dalam bagian ini kita akan mencoba untuk mengenal nama dan fungsi komponen dalam sebuah VCD dan DVD player yang paling sering kita temui. Bagian-bagian tersebut antara lain:

  • Optik
  • MPEG
  • Regulator Power Supply
  • Kabel Optik
  • Casing
  • Mekanik atau Tray
  • Mekanik Optik

Setiap bagian dari kompenen tersebut dapat di lihat pada gambar berikut ini.

Nama Komponen DVD Player Dan Fungsinya. Gambar Optik, Mekanik, Power Supply DVD

Nama Komponen DVD Player Dan Fungsinya

Fungsi Optik VCD dan DVD

Bagian tersebut merupakan bagian yang mengambil data dari sebuah piringan CD, VCD, atau DVD untuk kemudian dikirim ke main board untuk diproses menjadi suara maupun sinyal gambar. Optik tersebut membaca data dengan bergerak maju mundur pada track CD sesuai lokasi data yang dibaca. Gerakan tersebutlah yang diatur oleh mekanik Optik.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang komponen optik, silakan baca pada bagian yang membahas khusus mengenai komponen tersebut. Terdapat beberapa topik yang telah saya ulas secara terpisah antara lain:

Fungsi MPEG VCD Dan DVD

Jika bagian optik merupakan input dari sebuah player untuk mengambil data dari Disk, maka bagian tersebut merupakan pusat pengolahan data yang berguna untuk menerjemahkan sinyal digital pada piringan CD menjadi sinyal listrik yang dapat dipahami oleh output seperti TV dan Amplifier. MPEG sendiri memiliki 2 fungsi utama yang dioleh oleh chip terpisah untuk mengolah suara dan gambar.

Pada gambar di atas, MPEG adalah board berwarna hijau. Biasanya MPEG menempel pada bagian panel belakang dari casing, sehingga mudah dikenali.

Fungsi Regulator Power Supply.

Untuk dapat bekerja, maka sebuah player memerlukan pasokan listrik. Pada sebuah VCD, biasanya terdapat output 5V dan 8V. Kerusakan pada salah satu supply dapat menyebabkan peralatan VCD tersebut tidak berfungsi.

Fungsi Kabel Optik.

Kabel optik mempunyai fungsi yang sama dengan kabel umumnya. Namun karena bagian tersebut sangat sensitif dan memerlukan kabel yang ringan dan fleksibel, maka bagian optik biasanya menggunakan kabel optik yang sangat ringan yang mudah digerakan berupa pita flexibel.

Fungsi Casing VDC Dan DVD

Casing merupakan tempat dipasangnya terminal atau socket input dan output sebuah player. Selain itu, casing juga berguna untuk mengisolasi listrik dan debu dari luar, sehingga peralatan tidak menyebabkan tersengat listrik maupun komponen optik tetap bersih dan bebas debu.

Fungsi Mekanik VCD Dan DVD

Bagian tersebut merupakan bagian yang berfungsi sebagai pintu keluar masuknya Disk atau kepingan CD. Mekanik VCD atau DVD biasanya terbuat dari bahan plastik dan berwarna hitam.

Pada bagian lain juga kami sertakan sebuah artikel yang khusus membahas tentang cara untuk memperbaiki komponen ini dengan judul Cara Memperbaiki Sendiri Kerusakan VCD Dan DVD

Fungsi Mekanik Optik VCD Dan DVD

Terdapat 2 buah motor pada bagian tersebut yaitu motor untuk memutar kepingan CD dan motor untuk mengerakkan mata optik sesuai dengan track yang sedang di baca.

Nama komponen DVD Player dan fungsinya bagian-bagian tersebut nantinya akan kita bahas lebih lanjut pada bagian yang menjelaskan cara perbaikannya.

One Response

  1. Kuding 10/11/2017 Reply

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *