Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Nama Bagian Utama Dan Fungsi Komponen Generator

WikiKomponen.com – Pada pembahasan kali ini, kita akan kembali membahas seputar mesin genset yaitu nama bagian utama dan fungsi komponen Generator yang disertai gambar agar memudahkan kita dalam mengenal saat menangani perbaikan.

Nama Bagian Utama Dan Fungsi Komponen Generator

Seperti yang diketahui, generator yang sering disebut juga dengan genset berfungsi sebagai pembangkit listrik cadangan saat mengalami pemadaman atau mati listrik. Umumnya genset banyak dipersiapkan terutama untuk tempat umum seperti mall maupun hotel di Indonesia mengingat konndisi listrik konstan yang belum tersedia.

Tempat yang disebutkan di atas telah menjadikan listrik sebagai kebutuhan. Bahkan setiap rumah tangga dan perusahaan mutlak tersedia listrik untuk dapat melakukan berbagai kegiatan sebagai penunjang kerja.Nama Bagian Utama Dan Fungsi Komponen Generator

Perusahaan telah menjadikan generator sebagai cadangan listrik yang sangat penting mengingat saat ini aliran listrik diperlukan untuk menjalankan sistem komputer dan manajemen data dalam menunjang kegiatan perusahaan.

Namun, mesin genset masih menjadi misteri bagi sebagian orang. Terdapat ratusan hingga ribuan komponen dalam sebuah genset yang bekerja secara bersama-sama agar mampu menghasilkan listrik cadangan saat diperlukan.

Saat mengalami kerusakan, seakan mesin tersebut menjadi sangat sulit untuk diperbaiki karena tidak mampu diperbaiki sendiri atau bahkan nama komponen yang rusak saja sulit untuk disebutkan.

Hari ini kita tidak akan mencoba untuk mengenal semua komponen genset sekaligus, tetapi akan dikenalkan beberapa komponen utama mesin genset yang tampaknya sangat fital saat mengalami kerusakan.

Komponen-komponen Mesin Generator

Komponen-komponen tersebut antara lain:

  • Engine Atau Mesin
  • Alternator
  • Valve Sistem Bahan Bakar Atau Regulator Bahan Bakar
  • Auto Voltage Regulator (AVR ) atau Pengatur Tegangan Automatis
  • Speed Control Unit
  • Sistem Pendingin dan Knalpot
  • Starter
  • Sistem pelumasan
  • Pengisi baterai
  • Panel kendali
  • Rangka Utama Dan Casing

Fungsi Komponen Utama Generator

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat secara singkat fungsi dari tiap bagian mesin generator berikut ini. Sedangkan pembahasan lebih lengkap dapat dilihat pada masing-masing sub artikel yang akan di sajikan berikut ini:

Fungsi Engine Atau Mesin Utama Generator

Engine atau mesin utama merupakan bagian terpenting dari generator. Mesin inilah yang berperan dalam mengerakan generator. Kekuatan atau kapasitor mesin genset ditentukan oleh bagian mesin utama ini.

Fungsi Alternator Generator

Ini merukakan bagian yang menghasilkan energi listrik yang dialirkan keluar sebagai listrik output. Energi listrik ini dihasilkan oleh konversi energi mekanik mesin utama dan perputaran mekanis alternator.

Valve Sistem Bahan Bakar Atau Regulator Bahan Bakar Generator

Bagian ini juga disebut sebagai sistem bahan bakar. bagian valve sangat penting dalam mengatur jumlah intake solar atau gas. Tanpa bagiann ini, bagian tidak dapat berfungsi untukĀ  menghasilkan energi yang dibutuhkannya. Pastikan bahwa ada cukup bahan bakar dan sistem bahan bakar berada dalam kondisi kerja yang tepat untuk meneruskan bahan bakar ke bagian lainnya.

Auto Voltage Regulator (AVR ) atau Pengatur Tegangan Automatis

Bagian ini merupakan pengatur tegangan.

Speed Control Unit Generator

Unit ini merupakan unit sentral pengatur kecepatan putaran mesin yang bekerja melalui exciter. Pembahasan lebih lengkap dapat dilihat pada pembahasan yang berkaitan khusus tentang Speed Control Unit.

Sistem Pendingin dan Knalpot Generator

Sistem ini bertugas mengatur suhu mesin dan gas buang sebuah mesin genset

Starter Generator

Berguna untuk menggerakan mesin genset pada awal dihidupkan

Sistem Pelumasan Generator

Bagian ini merupakan bagian yang sangat penting dalam menjaga keutuhan sebuah mesin yang terus bekerja. Sistem pelumasan mengatur pergerakan mekanis setiap bagian generator agar tidak terjadi aus.

Pengisi baterai

Bagian ini mengisi kembali baterai untuk dapat dipergunakan kembali untuk star mesin

Fungsi Panel Kendali Generator

Panel kendali dipergunakan untuk mengatur berbagai variable yang telah diatur dalam bagian AVR, Gavernor atau speed control dan valve secara elektronis

Fungsi Rangka Utama Dan Casing Generator

Sebagai pelindung atau pengaman dan pengurang emisi suara.

Demikianlah sekilas tentang komponen genset pada artikel ini. Selain nama bagian utama dan fungsi komponen generator pada pembahasan ini, bagian lain dan pembahasan lebih terperinci mengenai fungsi maupun komponen lain dapat dilihat lebih lanjut pada pembahasan secara terpisah.

Selain itu, secara bertahap kami juga akan membahas spesifikasi dari setiap komponen yang banyak dipergunakan pada generator. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *