Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Metoda Elektro Plating Untuk Perlakuan Permukaan Logam

WikiKomponen.comMetoda Elektro Plating Untuk Perlakuan Permukaan Logam. Teknologi pelapisan atau melapisi permukaan logam dengan bahan zinc, chrome, timah, emas, perak telah sangat dikenal luas oleh masyarakat. Namun dibalik berbagai jenis plating tersebut, terdapat banyak sekali seluk beluk serta keuntungan dan kelebihan yang tidak banyak diketahui.

Metoda Elektro Plating Untuk Perlakuan Permukaan Logam.

Terlepas dari bahan yang dipergunakan untuk melakukan plating atau elektro plating, proses elektro plating menggunakan aliran listrik sebagai media untuk melapisi permukaan logam dengan lapisan tipis jenis logam lain. Umumnya lapisan yang dipergunakan untuk melapisi permukaan logam menggunakan material yang lebih baik baik dari segi penampilan, konduktor listrik, lapisan agar bisa disolder, atau lapisan yang lebih mahal.

Metoda Elektro Plating Untuk Perlakuan Permukaan Logam

Metoda Elektro Plating Untuk Perlakuan Permukaan Logam

Ads Metta3

Tujuan elektro plating sangat banyak. Tujuan tersebutlah yang menentukan jenis bahan yang dipergunakan untuk melapisi, Penggunaan emas dan perak biasanya dipergunakan untuk membuat barang imitasi dalam membuat perhiasan menjadi tampak lebih mahal.

Pelapisan lapisan timah bertujuan agar permukaan logam dapat disolder, pelapisan emas juga dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mengantarkan listrik. Penggunaan Nikel dan Chrom yang lebih banyak bertujuan untuk mencegah korosi dan karat.

Prinsip Kerja Elektro Plating

Elektro plating dilakukan dengan cara mengalirkan aliran listrik ke dalam larutan elektrolit melalui anoda dan katoda. Saat listrik dialirkan ke dalam larutan elektrolit, larutan yang mengandung logam tersebut akan terpisah dan bergerak menuju ke benda kerja. Atom logam tersebut kemudian akan bergerak dan menempel pada permukaan benda yang akan diplating. Lapisan tipis ini akan terus terjadi hingga permukaan tertutup secara sempurna.

Semakin besar arus yang dipergunakan, maka akan semakin cepat proses tersebut terjadi. Lapisan tipis yang menempel pada permukaan akan semakin cepat terbentuk.

Kerugian Elektro Plating

Pada beberapa proses elektro plating, bahan yang dipergunakan dapat menimbulkan gas dan limbah yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Salah satu contoh adalah penggunaan Chromium dalam proses plating. Zat tersebut bahkan sudah dilarang di beberapa negara. Akibatnya produk yang menggunakan proses demikian tidak diijinkan untuk diimpor dan dijual di negara eropah.

Metoda elektro plating untuk perlakuan permukaan logam untuk melapisi logam dengan logam lain sangat menguntungkan, terutama ditinjau dari segi penghematan yang dilakukan jika harus menggunakan material emas murni seluruhnya sebagai bahan konduktor.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *