Mesin Pon Progresif Untuk Die Cutting Dan Stamping

Mesin Pon Progresif Untuk Die Cutting Dan Stamping

WikiKomponen.com – Terdapat beberapa kelebihan mesin pon progresif untuk Die Cutting dan Stamping dibandingkan dengan jenis otomatis konvensional maupun manual. Mesin jenis progresif merupakan generasi terbaru yang mengkombinasikan kecepatan pemotongan dan ketepatan posisi pemotongan, sehingga memiliki beberapa keuntungan dibandingkan mesin generasi sebelumnya.

Mesin Pon Progresif Untuk Die Cutting Dan Stamping
Mesin Pon Progresif Untuk Die Cutting Dan Stamping

Mesin Pon Progresif Untuk Die Cutting Dan Stamping

Mesin pon progresif menggunakan material yang diumpankan ke dalam mesin secara otomatis. Dengan menggunakan mesin, maka posisi memasukan material lebih stabil, sehingga posisioning atau penempatan bahan sebelum dipotong lebih cepat dan tepat.

Tujuan penggunaan mesin progresif bertujuan menghasilkan lebih banyak hasil dalam waktu yang lebih pendek dibandingkan dengan menggunakan mesin konvensional.

Ads Metta3

Kelebihan mesin jenis ini terutama dirasakan pada jenis produksi parts yang bersifat banyak dan kontinue, sehingga menghemat ongkos kerja.

Kelebihan Mesin Pon Progresif

Terdapat beberapa kelebihan menggunakan mesin pon progresif yaitu:

Sampah Atau Scrap Lebih Sedikit

Mesin progresif memungkinkan feeding material menggunakan material berbentuk coil dengan kecepatan tinggi secara presisi, sehingga lebih hemat penggunaan material. Mesin dapat diatur agar setiap pemotongan tidak membuang terlalu banyak material.

Berbeda dengan mesin konvensional yang materialnya dimasukan dan digeser oleh operator. Jenis mesin progresif memiliki tingkat ketelitian lebih tinggi dalam menempatkan posisi material yang akan dipotong bahkan hingga jarak 1mm setiap pemotongan.

Hal ini menyebabkan material yang terbuang akan semakin sedikit dibandingkan dengan material yang dipotong melalui proses konvensional.

Pemasangan Moulding Lebih Cepat.

Pemasangan pada jenis progresif lebih cepat dibandingkan dengan jensi mesin konvensional karena penyetelan dapat dilakukan secara pasti melalui pengaturan posisi penempatan material.

Menghemat Jumlah Proses

Mesin progresif memungkinkan operator untuk memotong dalam bentuk yang lebih rumit dalam satu langkap pemotongan, sehingga menghemat tahapan proses.

Lebih Stabil Parts Yang Dihasilkan

Karena bekerja menggunakan feeder mesin, maka hasil pemotongan akan lebih stabil. Tidak terjadi kesalahan potong karena material yang cacat ataupun ketepatan penempatan.

Lebih Stabil Jumlah Produksi

Mesin progresif mampu menghasilkan produk dengan jumlah yang lebih stabil karena tidak melibatkan terlalu banyak tenaga manusia. Mesin dapat berjalan terus-menerus selama 24 jam tanpa mengalami kelelahan seperti yang terjadi pada manusia.

Cost Lebih Murah

Sebuah mesin progresif hampir tidak memerlukan tenaga kerja yang terlalu banyak untuk mengerakannya. Karena berbagai hal di atas seperti kecepatan, ketepatan, kestabilan, rutinitas, serta penghematan bahan, maka mesin tersebut mampu menghemat biaya cukup besar.

Tingkat Kecelakaan Kerja Lebih Rendah

Mesin yang dijalankan secara manual sering sangat berbahaya saat memasukan material ke cetakan. Hal ini tidak terjadi pada mesin otomatis. Semua material hanya memerlukan peran operator saat pergantian coil atau material saja. Sedangkan selama mesin bekerja, operator tidak perlu mengatur material tersebut.

Mengingat kelebihan mesin pon progresif untuk Die Cutting dan Stamping yang cukup banyak, diperkirakan mesin jenis ini akan menjadi mesin andalan di masa yang akan datang dibandingkan dengan mesin konvensional.

Author: Wikikomponen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *