Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Merancang Box Speaker Subwoofer Isobaric Untuk Home Theater

WikiKomponen.comMerancang Box Speaker Subwoofer Isobaric Untuk Home Theater atau isobarik harus memperhatikan ukuran volume, jarak antara woofer, serta kerapatan ruang tekanan speaker. Jenis box speaker isobaric mempunyai kelebihan kualitas bass yang lebih akurat dan tidak distorsi. Dalam kesempatan ini kita akan melihat sekilas tentang jenis box speaker ini.

Merancang Box Speaker Subwoofer Isobaric Untuk Home Theater

Speaker isobaric menganut prinsip yang memanfaatkan tekanan dalam ruangan antara dua buah driver woofer untuk membuat gerakan cone speaker sempurna saat bergerak maju mundur. Cone speaker pada tipe speaker demikian tidak secara leluasa bergerak bebas dan menimbulkan distorsi.

Pada jenis rancangan speaker ini, kedua conus atau daun cone speaker akan bergerak maju mundur secara serentak dan saling memperbaiki gerakannya. Rancangan demikian dapat diasumsikan dengan penggunaan magnet yang 2 kali lebih besar dari biasanya untuk menggerakan woofer. Hal ini seperti yang kita pahami bahwa semakin kuat magnet, speaker akan semakin sempurna dalam menghasilkan suara.

Ads Metta3

Untuk dapat bekerja secara baik, ruang antara woofer penghasil suara dan woofer pendukung harus tertutup rapat, sehingga tekanan dalam ruangan tersebut akan selalu konstan. Celah dalam ruangan tersebut akan menyebabkan perubahan tekanan, sehingga kualitas suara yang dihasilkan tidak maksimal.

Cara Pemasangan Speaker Jenis Isobaric

Terdapat beberapa metoda dalam pemasangan kedua speaker dalam sistim isobaric. Yang paling umum dilakukan adalah dengan memasang speaker utama menghadap depan seperti pada speaker pada umumnya, sedangkan speaker kedua dipasang di dalam ruanga box yang tertutup dan tidak kelihatan. 3 cara atau metoda pemasangan yang umum dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Magnet Woofer Saling Berhadapan
  • Conus Woofer Saling Berhadapan
  • Woofer Sehadap

Dari ketiga cara tersebut di atas, design speaker sering kali divariasikan menjadi seperti pemasangan beriktut ini:

Merancang Box Speaker Subwoofer Isobaric Untuk Home Theater

Merancang Box Speaker Subwoofer Isobaric Untuk Home Theater

Kelebihan Rancangan Speaker Isobaric

Merancang box speaker subwoofer isobaric untuk home theater merupakan salah satu metoda yang sangat menghemat penggunaan ruanga resonansi, sehingga box speaker yang dibutuhkan tidak terlalu besar dan memakan tempat. Namun, hasil bas yang dihasilkan dengan memtoda tersebut sangat maksimal dan akurat, sehingga tidak menyebabkan pendengarnya merasa pusing maupun mual akibat suara distorsi harmonic yang dihasilkan oleh speaker umumnya.

Jenis rancangan ini sangat cocok sekali untuk mereproduksi suara bass rendah secara sempurna untuk meniru getaran, suara angin, serta gemuruh saat dipergunakan untuk film secara natural.

No Responses

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *