Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Menghemat Listrik Ala Starting Atau Alat Soft Starter

WikiKomponen.comMenghemat Listrik Ala Starting Atau Alat Soft Starter. Fungsi starting atau soft start untuk mencegah listrik turun saat peralatan dihidupkan sudah diketahui sejak lama. Tapi sebenarnya alat ini juga mempunyai fungsi untuk menghemat listrik akibat tarikan awal peralatan listrik yang biasanya memakan banyak listrik.

Menghemat Listrik Ala Starting Atau Alat Soft Starter

Menghemat Listrik Ala Starting Atau Alat Soft Starter

Menghemat Listrik Ala Starting Atau Alat Soft Starter

Fungsi Utama Starting Atau Soft Starter

Starting banyak sekali dipergunakan untuk mencegah MCB listrik jatuh atau turun saat peralatan rumah tangga dinyalakan untuk pertama kalinya. Namun, sebenarnya alat ini juga dapat dipergunakan untuk menghemat pemakaian listrik, terutama pada peralatan yang mengkonsumsi listrik cukup besar seperti TV, motor pompa air, dan alat seterika.

Ads Metta3

Saat sebuah setrika dihubungkan dengan starting, maka pemanasan alat strikan menjadi lebih lambat pada awal dihidupkan. Walaupun demikian, tarikan awal listrik yang membuat meteran berputar cepat tidak terjadi karena listrik yang disupply tidak tidak ditarik dengan cara yang tidak normal.

Pada sebuah sistem pompa, starting dapat mencegah tekanan yang berlebihan pada saat sistem pompa dihidupkan. Pengaturan tekanan akan menjadi jauh lebih mudah saat tekanan awal dan tekanan normal dapat dijaga dalam batasan yang lebih kecil. Hal ini membuat sistim lebih aman dan sistem lebih awet saat dipergunakan.

Cara Kerja Alat Starting

Starting bekerja dengan memanfaatkan sifat logam tertentu yang mengalami perubahan tahanan dalam saat arus yang besar melewatinya dan membuat suhu logam tersebut menjadi panas. Akibatnya arus tidak dapat melalui logam tersebut atau dibatasi.

Namun, setelah tarikan listrin kembali normal, suhu starting pun kembali dingin dan membuat besarnya arus aliran listrik kembali menjadi normal. Kondisi tersebut membuat listrik kembali melewati starting ke peralatan dengan mudah.

Rancangan soft starter banyak jenisnya. Terdapat soft starter yang juga mengkombinasikan relay, clutch dan berbagai rangkaian dengan sistem yang lebih baik untuk dapat bekerja secara maksimal.

One Response

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *