Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Menggunakan Peralatan Frekuensi 60Hz Pada Jaringan Listrik 50Hz

WikiKomponen.com – Apakah berbahaya jika menggunakan peralatan frekuensi 60Hz pada jaringan listrik 50Hz ? Hal ini sangat tergantung jenis peralatan, voltase, beban, serta lama penggunaan. Faktor-faktor tersebut sangat menentukan boleh tidak nya penggunaan peralatan pada jaringan dengan frekuensi yang berbeda.

Menggunakan Peralatan Frekuensi 60Hz Pada Jaringan Listrik 50Hz

Menggunakan Peralatan Frekuensi 60Hz Pada Jaringan Listrik 50Hz

Penggunaan peralatan dengan frekuensi yang berbeda pada jaringan dengan frekuensi yang berbeda seringkali terjadi. Hal ini karena masih terdapat perbedaan frekuensi listrik antara satu negara dengan negara lain, sehingga saat memindahkan barang akan menghadapi kendala demikian.

Ads Metta3

Namun, bisa tidaknya dipergunakan terutama antara 50Hz dan 60Hz tidak selalu menjadi masalah yang serius pada beberapa peralatan. Dengan frekuensi yang ada terkadang peralatan tetap dapat dipergunakan. Berikut ini penjelasannnya.

Peralatan Yang Dapat Dipergunakan Pada Frekuensi Berbeda

  1. Pemanas atau peralatan masak. Pada peralatan tersebut, perbedaan frekuensi sebesar 10Hz hampir bukan masalah. Pada peralatan yang menggunakan elemen pemanan mungkin akan menyebabkan peningkatan suhu atau penurunan suhu yang tidak terlalu signifikan. Selain itu, hal tersebut biasanya tidak membahayakan.
  2. Peralatan elektronik tanpa motor. Peralatan elektronik yang tidak menggunakan motor biasanya juga tidak akan menimbulkan masalah jika digunakan pada frekuensi listrik yang berbeda. Biasanya peralatan akan aman-aman saja.

Peralatan Yang Perlu Perhatian Jika Dipergunakan Pada Frekuensi Berbeda

  1. Alat jam atau Timer. Pada peralatan timer menggunakan frekuensi berbedas akan menyebabkan jam bergerak lebih cepat. Hal ini terutama coil yang mengalami perubahan frekuensi akan mengalami perubahan besarnya induksi untuk menggerakan jarum jam. Hal ini kurang lebih terjadi seperti halnya jam yang kehabisan baterai dan baterai baru.
  2. Peralatan dengan menggunakan motor. Perlatan demikian dapat menyebabkan motor mengalami kerusakan karena terjadi perubahan daya yang harus ditangani motor.

Faktor Penentu Boleh Tidaknya Peralatan 50Hz Digunakan Di Frekuensi 60Hz Atau Sebaliknya

Beberapa faktor penyebab hal tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :

Voltase Atau Tegangan

Jika peralatan menggunakan tegangan yang sama pada frekuensi yang berbeda, maka peralatan akan menjadi panas. Ini karena rasio V / f akan meningkat seiring terjadi kenaikan arus yang ditarik sehingga memanaskan perangkat secara berlebihan.

Hal ini juga dapat dianalisis ksebsagai kenaikan induktif sehingga reaktansi sebesar 2 * pi * f * L menurun karena frekuensi menurun. sehingga arus naik dan memanaskan perangkat. Itulah sebabnya mengapa alat elemen pemanas tidak terlalu  berpengaruh, karena efek padanya hanya menyebabkan sedikit mengalami perubahan suhu. Perangkat yang menggunakan motor Induksi bahkan akan rusak.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *