Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Mengenal Simbol Komponen Elektronik Dasar Rangkaian Elektronika

WikiKomponen.com – Mengenal simbol komponen elektronik dasar rangkaian elektronika seperti lambang kapasitor, resistor, dll akan memudahkan seorang teknisi mengetahui komponen hangus melalui skema peralatan elektronik.  Pada pembahasan kali ini kita akan coba menyajikan sebanyak mungkin komponen dan simbol elektronik yang sering ditemui.

Mengenal Simbol Komponen Elektronik Dasar Rangkaian Elektronika

Simbol Komponen Kapasitor

Beberapa simbol atau lambang kapasitor yang sering kita temui antara lain sebagai berikut:

  • Kapasitor Non Polar
  • Kapasitor Polar Elektrolite
  • Kapasitor Variable
  • Kapasitor Trimmer

Kapasitor Non Polar

Kapasitor jenis ini merupakan kapasitor yang paling banyak ditemukan. Hampir semua jenis kapasitor mylar, kapasitor keramiic merupakan kapasitor non polar. Namun, untuk lambangnya biasanya dilambangkan dengan lambang yang sama walaupun jenis kapasitor berbeda. Biasanya kapasitor demikian banyak dipergunakan pada arus AC. Lambang kedua terminal biasanya parallel.

Ads Metta3

Kapasitor Polar Elektrolite

Kapasitor jenis ini mirip dengan kapasitor non polar, tetapi pada salah satu terminalnya selalu ditandai dengan lambang + untuk menunjukan polaritas. Walaupun kapasitor polar banyak diasumsikan sebagai kapasitor jenis elektrolit, kapasitor ini sebenarnya juga terdapat jenis non elektrolit seperti tantalum. Namun, lambang yang dipergunakan biasanya dikenali melalui lambang dengan dua buah terminal dan tanda +. Dalam standard Amerika, terminal negatif sering digambar agak melengkung.

Kapasitor Variabel

Pada jenis kapasitor variable, simbol dinyatakan dengan sebuah anak panah memotong kedua terminal dari lambang kapasitor non polar. Kapasitor demikian banyak dipergunakan pada rangkaian yang presisi untuk mengatur capasitas kapasitor. Bentuknya sangat mirip dengan trimpot untuk ukuran kecil. Sedangkan jenis ukuran besar banyak kita temui dalam rangkaian L/C untuk mencari frekuensi radio.

Kapasitor Trimmer

Kapasitor Trimmer merupakan jenis lain dari variabel kapasitor. Perbedaan utama lambangnya terletak pada ujung anak panah yang diganti dengan sebuah garis tumpul. Lihat ilustrasi gambar berikut ini. Perbedaan utama kedua jenis ini sebenarnya hanya terletak pada nilai kapasitas kapasitor. Trimmer umumnya nilainya sangat kecil. Biasanya hanya dipergunakan sebagai koreksi nilai dalam rangkaian L/C.

Mengenal Simbol Komponen Elektronik Dasar Rangkaian Elektronika

Mengenal Simbol Komponen Elektronik Dasar Rangkaian Elektronika

Simbol Atau Lambang Resistor

Resistor pada dasarnya terbagi atas 2 kelompok besar yaitu jenis fix dan jenis variable. Dari kedua kelompok tersebut, resistor kemudian akan dibagi lagi berdasarkan variannya.

Simbol Komponen Resistor - Mengenal Simbol Komponen Elektronik Dasar Rangkaian Elektronika

Simbol Komponen Resistor

Sebelumnya pada artikel lain telah pernah dijelaskan tentang jenis-jenis resistor. Sehingga pada bagian ini tidak akan lagi dijelaskan lebih lanjut setiap jenis resistor yang simbolnya di sajikan di atas.

Simbol Komponen Induktor Dan Trafo

Induktor sendiri terdiri dari 3 kelompok utama, yaitu :

  1. Air Core
  2. Ferrite Cored atau inti ferit
  3. Iron Cored atau Inti besi
Mengenal Simbol Komponen Elektronik Dasar Rangkaian Elektronika - Simbol Induktor

Simbol Induktor

Simbol Antena

Mengenal Simbol Komponen Elektronik Dasar Rangkaian Elektronika _ Simbol Antena

Karena banyaknya simbol komponen elektronik, maka materi artikel ” mengenal simbol komponen elektronik dasar rangkaian elektronika akan terus di update dengan berbagai simbol elektronik hingga dapat menjadi referensi yang lebih lengkap.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *