Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Mengenal Berbagai Jenis Jack atau Colokan

WikiKomponen.com Mengenal Berbagai Jenis Jack Atau Colokan. Dunia elektronik mengenal banyak sekali jenis dan variasi jack atau colokan. Mulai jack akai, mini, rca, antena, DC, RG, dan banana ternyata terdapat lebih puluhan macam. Untuk membedakannya, dalam artikel kali akan mencoba membahas beberapa macam di antaranya secara ringkas.

Mengenal Berbagai Jenis Jack atau Colokan

Terdapat berbagai istilah yang dipergunakan untuk menyebut nama jack. Nama tersebut bertujuan untuk memudahkan saat harus mencari sparepart pengganti untuk perbaikan peralatan yang kita pergunakan sehari-hari. Berikut ini merupakan beberapa nama jack yang sering dipergunakan dan paling banyak dipergunakan pada peralatan elektronik.

Jack DC.

Jack DC merupakan jack atau colokan listrik DC yang banyak dipergunakan pada peralatan adaptor atau power supply. Jack jenis ini juga banyak dipergunakan pada power supply komputer dan laptop hingga charger HP. Bentuknya yang sangat bervariasi memang cukup menyulitkan hanya mengandalkan sebutan dan namanya.

Ads Metta3

Cara yang termudah untuk membeli penggantinya adalah dengan membawa contoh. Tetapi jika kesulitan untuk membawanya, setidaknya mengetahui jenis jacknya dan ukurannya. Mengetahui nama-namanya saja ternyata tidak akan cukup karena jack DC memiliki banyak sekali ukuran.

Mengenal Berbagai Jenis Jack Atau Colokan - Jack DC

Mengenal Berbagai Jenis Jack Atau Colokan

Jack Audio

Jenis ini banyak dipergunakan sebagai output pada peralatan seperti CD Portable, Laptop, Headphone, dan mic. Jack audio terbagi atas :

  • Jack Mini Mono Dan Stereo 2.5 mm. Jack jenis ini banyak dipergunakan sebagai output untuk headphone Handphone. Jenis jack ini memiliki ukuran diameter 2.5 mm. Terdiri dari jenis mono dan stereo yang memiliki 3 terminal.
  • Jack Mini Mono Dan Stereo 3.5 mm. Jack jenis ini banyak dipergunakan pada peralatan output audio dan video pada portable unit seperti CD player, DVD player portable, serta output audio laptop.
  • Jack Akai 6.5 mm. Jenis jack ini banyak dipergunakan sebagai colokan mic. Memiliki ukuran 6.5 mm. Terdiri dari mono dan stereo yang memiliki 2 terminal dan 3 terminal.

    Mengenal Berbagai Jenis Jack Atau Colokan audio

    Jack Audio

Jack RCA

Jack RCA banyak dipergunakan sebagai jack input dan output audio video. Biasanya jack jenis ini ditandai dengan warna merah, putih, hitam atau kuning.

Jack berwarna merah, putih atau hitam umumnya dipergunakan sebagai jack audio, sedangkan warna kuning biasanya dipergunakan sebagai video.

Jack Banana

Jack banana banyak dipergunakan sebagai jack untuk menghubungkan kabel audio dengan speaker. Selain itu, jack tersebut juga banyak dipergunakan untuk menghubungkan power output power supply dengan terminal power supply.

Mengenal berbagai jenis jack atau colokan audio tidaklah sulit selama mengetahui bagian utama dari jack tersebut. Variasi pegangan maupun bentuk yang terlalu banyak tidak akan membuat anda kesulitan jika sudah mengetahui ukuran tersebut.

One Response

  1. Senja 20/01/2018 Reply

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *