Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Mengenal Backlight TV LED

WikiKomponen.com – Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba lebih mengenal Backlight TV LED beserta jenis-jenisnya dan voltase supplynya pada layar TV modern. Perkembangan yang begitu cepat membuat begitu banyak komponen baru yang sebelumnya tidak kita kenal.

Mengenal Backlight TV LED

Mengenal Backlight TV LED

Pengertian Backlight TV LED

Backlight merupakan serentetan lampu LED yang ditempatkan dibelakang layar sebagai lampu penerang layar LCD yang bertugas sebagai penerus cahaya atau penahan cahaya secara digital untuk diterima  oleh mata manusia.

Ads Metta3

Berbeda dengan sistem tabung, layar TV saat ini memerlukan sumber cahaya yang terpisah dari tabung untuk menerangi layar monitor atau layar TV, sehingga visibility sebuah layar dapat diterima oleh mata manusia.

Sebuah layar LED pada dasarnya adalah sebuah layar LCD. Perbedaannya adalah pada TV LED telah menggunakan LED sebagai penerangan menggantikan CCFL yang sudah ketinggalan. Penerangan menggunakan lampu LED membuat TV dalam ukuran yang lebih tipis dan hemat energi.

Tipe Backlight TV LED Berdasarkan Voltase

Hingga saat ini, backlight untuk berbagai merk TV dapat dibagi atas 2 macam berdasarkan voltase supplynya. Kedua jenis backlight tersebut adalah :

  • LED Backlight TV 3V
  • LED Backligth TV 6V

Kedua jenis ini saat ini sudah sangat mudah untuk ditemukan di pasaran. Hampir 100% TV yang kami temukan di lapangan menggunakan kedua jenis voltase supply untuk menerangi lampu backlight TV.

Driver yang disediakan di pasaran seperti merek LG, Sharp , Samsung, Politron dan berbagai merek umumnya hanya menggunakan kedua jenis voltase supply ini.

Tipe LED Backlight TV Berdasarkan Ukuran

Dalam hal ukuran lampu, dapat dikatakan tidak ada standard tertentu. Hampir semua ukuran dapat ditemukan. Dan sebagian besar sangat berbeda antara 1 merk dengan merk lain. Hal ini mungkin merupakan kebijakan perusahaan produsen untuk menghasilkan penyebaran cahaya yang paling maksimal menurut versi masing-masing. Jika anda menemukan dimensi yang sama persis, maka anda termasuk beruntung.

Namun, jika anda tidak bisa menemukan ukuran yang persis sama, perbedaan panjang pada batas tertentu pada dasarnya tidak terlalu masalah. Penyebaran cahaya LED cukup merata walaupun tidak berada pada posisi yang tepat seperti aslinya.

Saat ini, LED backlight dapat dibeli dengan ukuran berbeda-beda dengan jumlah lampu yang bervariasi atara lain yang bisa ditemukan adalah:

  • LED Backlight TV 3 Lampu
  • LED Backlight TV 5 Lampu
  • LED Backlight TV 6 Lampu
  • LED Backlight TV 7 Lampu

Tipe LED Backlight TV Berdasarkan Bentuk Lensa

Penyebaran lampu sangat penting untuk sebuah TV LED. Cahaya harus dipastika tersebar keseluruh permukaan belakang panel LED agar dapat menerangi layar TV tersebut. Anda dapat menemukan jenis lensa LED dengan bentuk cembung maupun cekung pada permukaannya.

Kedua bentuk ini juga tidak terlalu masalah untuk dipergunakan. Rancangan cembung dan cekung tentu memiliki alasan dan tujuan tertentu. Namun hal tersebut ternyata tidak signifikan terhadap hasil perbaikan. Dengan mengenal backlight TV LED, diharapkan tidak terjadi pemasangan lampu pengganti yang tidak tepat voltasenya, sehingga malah berpotensi merusak power suppynya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *