Membeli Dan Memilih Mesin Fotocopy Yang Sesuai Kebutuhan

Membeli Dan Memilih Mesin Fotocopy Yang Sesuai Kebutuhan

Wikikomponen.com – Sebelum membeli dan memilih mesin fotocopy yang sesuai kebutuhan, perlu diketahui beberap tips dan pertimbangan agar mesin yang dibeli dapat dipakai untuk kepentingan yang sehari-hari dan efisien.

Membeli Dan Memilih Mesin Fotocopy Yang Sesuai Kebutuhan
Membeli Dan Memilih Mesin Fotocopy Yang Sesuai Kebutuhan

Membeli Dan Memilih Mesin Fotocopy Yang Sesuai Kebutuhan

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah mesin fotocopy, ada baiknya simak terlebih dahulu beberap tips berikut ini:

Pertimbangan Menyewa Atau Membeli

Saat ini terdapat banyak sekali usaha penyewaan mesin fotocopy dan penjualan mesin fotocopy di Indonesia. Namun sebelum memutuskan membeli mesin fotocopy, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah apakah sebaiknya membeli atau menyewa mesin fotocopy. Pertimbangan ini harus melihat kenyataan bahwa terdapat hal-hal sebagai berikut:

Ads Metta3

Masalah Perawatan

Membeli mesin fotocopy mempunyai resiko yang jauh lebih besar dari pada menyewa. Jika menyewa, maka segala perawatan biasanya akan ditangani oleh pihak perusahaan sewa mesin. Sehingga hampir tidak banyak yang harus dilakukan oleh pemakai selain memakai mesin tersebut.

Berbeda dengan membeli mesin tersebut. Setelah membeli mesin, biasanya akan memerlukan keterampilan untuk mengisi kembali kertas, mengisi tinta jika habis, memperbaiki kerusakan ringan, perawatan, serta biaya yang lebih besar.

Jumlah Pemakaian Atau Frekuensi Pemakaian

Mempertimbangkan seberapa sering menggunakan mesin tersebut. Jika mesin yang dipergunakan hanya dipakai beberapa lembar sehari, maka sebaiknya menyewa saja. Dari segi investasi dan biaya yang dikeluarkan, biasanya sewa akan lebih murah jika pemakaian mesin tidak terlalu sering.

Tetapi jika mesin tersebut akan sangat sering dipergunakan. Maka sebaiknya pertimbangan harga sewa yang akan menjadi jauh lebih mahal dibandingkan dengan membeli sendiri mesin tersebut.

Biasanya perusahaan penyewaan mengenakan tarif per lembar. Jika penggunaan banyak, maka sangat dianjurkan untuk membeli dari pada membayar biaya per lembar.

Tujuan Pembelian Mesin Fotocopy

Jika hendak menjalankan usaha fotocopy terutama di daerah sekitar kampus atau pemukiman mahasiswa, sebaiknya mempertimbangkan untuk membeli mesin yang berukuran lebih besar dengan kemampuan yang lebih baik seperti bisa menjalankan copy documen secara otomatis, mampu melakukan copy bolak balik dengan otomatis, ukuran kertas yang mampu dicopy, kecepatan, dan kualitas hasil sesuai sektor yang akan ditangani.

Umumnya daerah kampus memerlukan copy dalam jumlah banyak dan cepat.

Berbeda dengan lokasi toko yang hanya menangani beberapa lembar saja, mesin dengan kecepatan tinggi tidak terlalu diperlukan. Sebaliknya mesin yang berukuran kecil atau sedang saja sudah cukup untuk menangani pekerjaan tersebut.

Merek Mesin Fotocopy Yang Akan Dibeli

Carilah informasi terlebih dahulu dengan teman yang sudah lebih dahulu membuka usaha tersebut. Pengalaman akan sangat berharga dan jauh lebih objektif jika dibandingkan dengan penjelasan dari sales. Tanyakan tentang merek mesin yang lebih awet, harga mesin, serta saran jenis mesin yang harus dibeli.

Membeli dan memilih mesin fotocopy yang sesuai kebutuhan dengan terlebih dahulu menanyakan pada orang yang lebih berpengalaman akan lebih mudah. Terutama untuk memutuskan tipe mesin yang akan dibeli jika sudah dihadapkan pada puluhan tipe mesin yang ada di showroom.

Author: Wikikomponen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.