Memasang Power Tape Mobil Dengan Listrik Rumah

Memasang Power Tape Mobil Dengan Listrik Rumah

WikiKomponen.comMemasang Power Tape Mobil Dengan Listrik Rumah bisa dilakukan asal tahu caranya. Listrik rumah harus dirubah dari AC menjadi DC terlebih dahulu dengan voltase yang sesuai, sehingga tidak merusak tape mobil tersebut.

Memasang Power Tape Mobil Dengan Listrik Rumah

Masih terdapat pertanyaan mengenai apakah tape mobil bisa dipakai untuk di rumah tetapi menggunakan listrik rumah beberapa saat yang lalu.

Prinsipnya tidak ada masalah tape mobil mau dipasang dimana, tetapi sumber listriknya. Jika ingin menggunakan listrik PLN secara langsung tentu saja tidak bisa. Namun ada cara untuk mengakalinya secara mudah.

Ads Metta3
Memasang Power Tape Mobil Dengan Listrik Rumah
Memasang Power Tape Mobil Dengan Listrik Rumah

Tape mobil menggunakan listrik DC, sehingga sebelum sebuah tape mobil dipergunakan dengan listrik rumah, terlebih dahulu diperlukan pengubah tegangan dari 220 volt AC menjadi 12 hingga 13 Volt DC. Alat untuk merubahnya sering disebut dengan adaptor atau power supply.

Cara Memasang Tape Mobil Untuk Dipakai Di Rumah

Untuk dapat menggunakan tape mobil di rumah, terlebih dahulu harus disediakan sebuah power supply atau adaptor yang dapat mengeluarkan listrik 12 volt DC. Hal ini mengingat bahwa tape mobil danĀ  power mobil selalu bekerja dengan menggunakan listrik DC dari Aki.

Untuk dapat memperoleh DC 12 Volt, terlebih dahulu diperlukan sebuah power supply atau adaptor yang dapat mengeluarkan listrik 12 Volt DC. Power supply tersebut dapat dibikin sendiri atau beli jadi. Lihat artikel Rangkaian Adaptor Tape Mobil Dan Cara Membuatnya

Untuk membeli, pastikan membeli power supply sesuai dengan voltase yang sesuai. Sedangkan untuk membuat sendiri dapat dilihat pada artikel tentang cara membuat power supply pada link di atas. Rangkaian yang disiapkan dalam artikel tersebut sangat sederhana, sehingga mudah sekali dibuat.

Ukuran Adapator Yang Sesuai Untuk Tape Mobil

Umumnya tape mobil yang telah dilengkapi dengan amplifier memerlukan daya sekitar 10A hingga 20 Amper agar bekerja maksimal dan awet. Namun, jika yang anda miliki adalah amplifier dengan ribuan watt, maka sebaiknya pilihlah yang minimal 30A hingga 50 Amper. ( Jika kesulitan watt besar, sebaiknya rakit sendiri ).

Tape mobil umumnya memiliki power berkisar antara 60 Watt hingga 150 Watt. Sebutan tape 1000 watt PMPO biasanya sudah dapat dihidupkan dengan power 10A dengan rancangan yang baik. Perlu diketahui bahwa harga 10A dan 20A tidak berpaut terlalu jauh khusus trafo dengan voltase 12 Volt

Keuntungan Dan Kelebihan Menggunakan Adaptor Dibanding Aki

Dengan menggunakan adaptor atau power supply, maka tape mobil dapat dipergunakan secara terus-menerus tanpa harus mencharge ulang aki. Berikut merupakan beberapa kelebihan power supply di bandingkan dengan Aki.

  • Lebih ringan dan dapat dibawa-bawa.
  • Dapat dipergunakan lebih lama karena tidak mengandalkan aki.
  • Dapat dipergunakan di mana saja karena tidak perlu membawa charger dan aki sekaligus.
  • Lebih murah dibandingkan dengan Aki. Dengan biaya sekitar Rp. 300.000 sudah mendapatkan power supply dengan kualitas yang bagus, terutama jika bisa merakit sendiri.

Memasang power tape mobil dengan listrik rumah tidak banyak berbeda dengan pemasangan di mobil. Selamat mencoba.

Author: Wikikomponen

1 thought on “Memasang Power Tape Mobil Dengan Listrik Rumah

  1. saya punya ampli mobil 300w sudah ada super bass untuk subwoofer pasif dan rencana mau saya gunakan dirumah. yang ingin saya tanyakan yaitu berapa volt dan berapa amper kah adaptor power suplay yang harus saya beli? biar bass bisa menggelegar, volume bisa maxsimal dan suaranya tetap jernih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.