Konversi Satuan AWG Ke MM Diameter Kawat Dan Kabel

Konversi Satuan AWG Ke MM Diameter Kawat Dan Kabel

WikiKomponen.com – Cara menghitung dan meng konversi satuan AWG ke mm diameter kawat dan kabel seringkali menyulitkan. Hubungan besaran antara AWG dan mm banyak dipergunakan terutama saat menggunakan referensi yang berdasarkan ukuran stardar Amerika.

Sedangkan di Indonesia, kita lebih banyak menggunakan standar Internasional mm atau mm2. Kendati AWG secara umum lebih mudah dipergunakan, satuan ini tidak lazim dipergunakan di Indonesia.

Konversi Satuan AWG Ke MM Diameter Kawat Dan Kabel

Tidak masalah, untuk dapat menghitung ukuran dalam diameter, berikut ini diberikan sebuah tabel berisi daftar konversi dari AWG ke mm. Kami juga akan update kembali kalkulator untuk menghitung langsung konversi tersebut sesegera mungkin.

Ads Metta3

Diharapkan dengan kalkulator tersebut, proses menemukan pengganti kawat standar amerika akan semakin cepat dan mudah, terutama yant tidak ada di tabel.

Tabel Konversi Ukuran AWG Ke MM Dan Inch

Konversi Satuan AWG Ke MM Diameter Kawat Dan Kabel
Tabel Konversi Ukuran AWG Ke MM Dan Inch

Tabel tersebut juga sangat berguna terutama saat perlu menghitung luas penampang sebuah kabel atau kawat. Luas penampang dalam satuan SI dinyatakan dalam mm².

Untuk itu, tabel tersebut kembali dapat dipergunakan. Selain tabel di atas,  luas penampang kawat atau kabel juga dapat dihitung dengan menggunakan rumus untuk menghitung luas penampang.

Dengan menggunakan rumus, ukuran yang belum tersedia di tabel bisa dengan mudah dihitung menggunakan rumus. Demikian halnya juga dengan konversi AWG ke mm.

Rumus Menghitung Luas Penampang Kawat

Contoh : Diketahui sebuah kabel mempunyai ukuran AWG22. Berapakah luas penampang kawat tersebut ?

Cara menghitung persoalan di atas dapat dilakukan dengan terlebih dahulu menghitung ukuran AWG dalam mm. Setelah itu baru dikonversikan dengan menggunakan rumus menghitung luas penampang.

Untuk AWG22, pada tabel tertulis setara dengan 0.60 mm, sedangkan luas penampangnya adalah 0.33 mm². Namun, tanpa tabel luas penampang, kita juga dapat menghitungnya dengan menggunakan rumus:

A = π r².

A = Luas Penampang Bulat Kawat Atau Kabel

r = Panjang Jari-jari ( mm )

π = 3.14

Dengan menggunakan rumus di atas, maka hasil perhitunganya adalah sebesar 0.33 mm². Konversi satuan AWG ke MM diameter kawat dan kabel juga banyak dipergunakan untuk menghitung kemampuan kawat dalam menghantarkan arus.

Silakan baca juga tentang Mengenal Arti Kode UL Kabel AWG Dan AWM .  Dengan lebih mengenal arti kode tersebut, maka referensi tentang keamanan dan standar kabel akan membantu menemukan kabel berkualitas saat diperlukan.

Author: Wikikomponen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *