Koneksi Star WYE Trafo 3 Phase

Gambar cara menghubungkan Koneksi Star WYE Trafo 3 Phase

WikiKomponen – Disebut koneksi Star WYE Trafo 3 Phase karena terdiri dari RSTN atau 4 buah terminal untuk dihubungkan.  Trafo jenis ini dapat dihubungkan menggunakan 4 buah kabel maupun 3 kabel tanpa kabel neutral sesuai dengan kebutuhan.

Berikut ini kita akan melihat kelebihan dan kekurangan koneksi Star atau WYE atau Bintang dalam sebutan bahasa Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan Koneksi Star WYE atau Bintang atau RSTN Trafo 3 fasa

Kelebihan Koneksi WYE atau RSTN

Trafo jenis ini memiliki 2 pilihan voltase seperti halnya sumber listrik dari PLN di Indonesia. Koneksi trafo umumnya terdiri dari 380V dan 220V.

Jika dihubungkan phase mana saja ke netral, maka akan diperoleh 220v. sedangkan jika dihubungkan antara phase ke phase ( R ke S, R ke T, S ke T) , maka akan diperoleh 380V.

Jenis koneksi ini juga memiliki kelebihan karena lebih fleksible dalam menentukan voltase cadangan lain.

Kekurangan Koneksi WYE atau RSTN

Jenis trafo ini memiliki kekurangan seperti trafo umumnya. Jika salah satu phase trafo mengalami kerusakan, maka trafo dengan koneksi WYE tidak dapat dipergunakan lagi untuk listrik 380V.

Artinya, saat salah satu phase trafo mengalami kerusakan, maka trafo harus segera digantikan dengan trafo baru atau diperbaiki. Hal ini karena total daya trafo akan berkurang hingga 1/3 daya total.

Total daya trafo akan berkurang sebesar 1/3 dari total daya tersedia. Jika dipakasakan untuk dipergunakan pada 3 phase, maka daya yang tersedia akan tekor alias overload. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan permanen trafo secara keseluruhan.

Gambar cara menghubungkan Koneksi Star WYE Trafo 3 Phase

Voltase Koneksi Star WYE Trafo 3 Phase

Trafo WYE jika dipasang menggunakan N, maka akan menghasilkan listrik dengan voltase 220V. Sedangkan jika dikoneksi dengan urutan RST tanpa memasang N, maka listrik yang diperoleh adalah 380V.

Perhitungan ini berlaku juga dengan voltase lainnya. Untuk menghitung voltase lain, voltase phase to phase dapat dibagi dengan akar 3 atau setara 1.73. Baca juga https://www.wikikomponen.com/jenis-trafo-3-fasa-berdasarkan-jenis-koneksi-phase-delta-wye/

Contoh perhitungan di atas jika 380V dibagi 1.73 akan diperoleh 219.6volt. Demikianlah asal usul voltase 220V diperoleh. Berbeda dengan sistem switching 3 phase, pengukuran voltase untuk trafo jenis ini cukup diukur dengan tester analog maupun digital.

Author: Wikikomponen

1 thought on “Koneksi Star WYE Trafo 3 Phase

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *