Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Komponen Utama Dan Spare Parts Mesin Fotocopy

WikiKomponen.comKomponen Utama Dan Spare Parts Mesin Fotocopy. Umumnya tempat penjualan atau service center yang menjual bagian komponen akan menanyakan nama atau contoh spare parts yang ingin dibeli. Supaya tidak mengalami kesulitan, sebaik pemilik mesin mengetahui nama, nomor atau membawa contoh komponen tersebut.

Komponen Utama Dan Spare Parts Mesin Fotocopy

Komponen Utama Dan Spare Parts Mesin Fotocopy

Komponen Utama Dan Spare Parts Mesin Fotocopy

Beberapa komponen utama dan spare parts mesin fotocopy yang perlu diketahui antara lain :

Ads Metta3

ADF Tray Atau Automatic Document Feeder Tray.

Bagian ini merupakan sebuah laci yang dipersiapkan untuk melakukan feeding kertas documen yang akan dicopy secara otomatis. Dengan mengguanakan ADF, pekerjaan akan menjadi lebih mudah dan efisien. Bagian ini terletak di atas mesin yang juga berfungsi sebagai penutup.

Lampu Scaner.

Bagian tersebut merupakan sebuah lampu yang berfungsi untuk memantulkan gambar atau tulisan yang ada pada dokumen yang akan diduplikasi. Intensitas cahaya komponen tersebut cukup besar, sehingga sebaiknya saat melakukan fotocopy, tutup bagian atas selalu ditutup agar tidak merusak mata. Jangan melihat langsung ke cahaya tersebut karena bisa menyebabkan iritasi pada mata.

Developing Atau Developer.

Merupakan bagian utama dalam proses mengcopy. Fungsi utamanya yaitu menampung bubuk toner yang akan masuk ke drum.

Drum Toner.

Drum tersebut merupakan bagian yang sangat penting dalam menghasilkan gambar maupun tulisan. Jangan menyentuh drum tersebut dengan tangan atau benda yang mengandung minyak. Bagian ini harus tetap terjaga kebersihannya agar hasil maksimal. Selain itu, harga komponen tersebut cukup mahal. Kerusakan bagian ini menyebabkan hasil cetak tidak sempurna serta bergaris.

Cleaning Blade.

Bagian ini bertugas mengatur jumlah bubuk toner yang keluar dari drum. Selain itu, juga bertugas membersihkan kotoran yang menempel pada drum.

Pemanas atau Heater.

Hasil cetak atau copy kertas akan dimatangkan atau dibuat permanen melalui pemanasan bagian ini. Ciri-ciri dari kerusakan bagian ini adalah hasil copy luntur atau tidak mau rekat bubuknya. Sehingga jika dilap, seluruh bubuk akan terlepas.

Laser.

Berfungsi untuk memproses gambar atau tulisan melalui penyinaran drum.

Power Supply

Listrik yang dipergunakan oleh seluruh komponen mesin digerakan dari pusat supply ini. Dari komponen tersebut, seluruh voltase output sudah diregulasi untuk dapat dialirkan ke bagian masing-masing komponen fotocopy.

Termistor.

Berfungsi untuk deteksi suhu kerja dan proteksi mesin agar bekerja pada suhu yang optimal. Komponen tersebut dapat ditemukan di bagian pemanas atau heater.

Korona.

Bagian ini bertugas mengatur keseimbangan jalan kertas yang akan melewati drum. Kerusakan atau kotornya bagian ini akan menyebabkan hasil fotocopy tidak maksimal.

Feeder Tray Atau Kaset Kertas

Letaknya dibagian bawah mesin fotocopy. Bagian ini bertugas menampung kertas yang akan difotocopy. Kertas juga dapat dimasukan melalui Stack Bypass selain melalui feeder tray.

Komponen utama dan spare parts mesin fotocopy biasanya disiapkan oleh penjual mesin fotocopy. Sebaiknya menanyakan ketersediaan komponen sebelum membeli mesin fotocopy untuk menjamin perawatan mesin terjamin.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *