Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Komponen Kipas Angin Dan Kerusakan Bagian Utamanya

WikiKomponen.com Komponen Kipas Angin Dan Kerusakan Bagian Utamanya. Spare parts terdiri dari motor, kapasitor, baling-baling, gril kipas, gear box serta berbagai perlengkapan yang dirakit menjadi satu. Setiap komponen memiliki fungsi dan gunanya masing-masing. Dengan mengenal fungsi dari tiap bagian kipas angin, akan memungkinkan untuk mengetahui berbagai jenis kerusakan yang terjadi pada kipas angin.

Komponen Kipas Angin Dan Kerusakan Bagian Utamanya - Spare parts terdiri dari motor, kapasitor, baling-baling, gril kipas, gear box serta berbagai perlengkapan yang diraki

Komponen Kipas Angin Dan Kerusakan Bagian Utamanya – Spare parts terdiri dari motor, kapasitor, baling-baling, gril kipas, gear box serta berbagai perlengkapan yang diraki

Komponen Kipas Angin Dan Kerusakan Bagian Utamanya

Sebuah kipas angin memiliki beberapa bagian utama yang sering mengalami kerusakan. Bagian-bagian tersebut adalah :

Ads Metta3
  • Kabel Listrik Dan Colokan
  • Motor Kipas Angin
  • Kapasitor
  • Baling-baling
  • Gear Box
  • Bearing

Kerusakan Dan Fungsi Kapasitor Kipas Angin

Ciri-ciri kerusakan pada bagian kapasitor pada kipas angin adalah kipas angin tidak mau putar. Biasanya kerusakan ini dapat diketahui dengan memutar baling-baling kipas angin dengan bantuan tangan. Kerusakan pada kapasitor kipas angin menyebabkan kipas tidak mempunyai tenaga untuk mulai berputar sendiri. Tetapi setelah berputar, biasanya kipas akan kembali berfungsi.

Kerusakan yang demikian sangat mudah untuk diperbaiki. Cukup menganti kapasitor yang terpasang pada kipas angin tersebut. Biasanya untuk kipas angin menggunakan kapasitor 1uF, 1.2uF, 1.5uF, atau 2.2uF. Gantilah sesuai dengan kapasitor yang terpasang. Jika tidak ada penggantinya, dapat juga diganti dengan kapasitor yang lebih besar dari beberapa pilihan di atas.

Kerusakan Motor Kipas Angin

Terdapat beberapa kemungkinan penyebab gangguan pada motor kipas angin. Cara untuk memperbaiki kerusakan pada motor yaitu :

  • Menganti seluruh motor dengan motorĀ  yang sama. Cara tersebut merupakan cara yang paling mudah. Tinggal membeli motor dengan ukuran yang sama. Lalu gantilah dengan cara melepas motor secara perlahan-lahan.
  • Memperbaiki motor yang rusak. Terdapat beberapa bagian pada motor yang mungkin rusak. Kerusakan itu antara lain :
    • Kerusakan Bearing: Kerusakan tersebut menyebabkan motor tidak berputar dengan semestinya. Biasanya kerusakan pada bagian ini akan menyebabkan motor terasa kencang saat diputar menggunakan tangan.
    • Kerusakan Spool Motor. Kerusakan tersebut harus diperbaiki dengan menggulung ulang spool atau lilitan yang terdapat di dalam motor. Namun, biasanya biaya untuk memperbaikinya tidak terlalu berbeda denga jika membeli yang baru.
  • Membersihkan sampah yang menempel pada motor. Cobalah untuk membuang sampah berupa debu dan rambut yang terlilit di as motor. Hal ini biasanya bisa mengatasi masalah jika motor tidak mengalami kerusakan.

Kerusakan Pada Baling-Baling

Kerusakan tersebut jarang sekali terjadi. Namun jika saat membersihkan kurang hati-hati, baling-baling dapat mengalami kerusakan berupa patah atau retak. Akibatnya angin yang dihasilkan tidak akan besar. Jika memungkinkan, cobalah untuk merekat kembali komponen tersebut. Namun jika tidak bisa, dapat membelinya ditoko online maupun toko konvensional yang menjual baling-baling kipas angin. Saat ini, baling-baling kipas angin sudah sangat mudah untuk ditemukan.

Kerusakan Pada Kabel Power

Kerusakan tersebut dapat diketahui dengan mengukurnya dengan tester. Caranya menempatkan tester pada posisi R, kemudian ukurlah ujung colokan dengan ujung yang lain. Jika jarum bergerak, ini berarti kabel tersebut masih tersambung dan tidak putus. Jika tidak, maka berarti kabel putus.

Komponen kipas angin dan kerusakan bagian utamanya biasanya dapat diperbaiki sendiri dengan cara menggantinya dengan komponen yang sama yang dapat ditemukan di toko elektronik setempat.

One Response

  1. adam 21/06/2016 Reply

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *