Kode Normally Open NO Normally Close NC Thermostat KSD01

Kode Normally Open NO Normally Close NC Thermostat KSD01

WikiKomponen – Cara mengetahui kode normally open NO normally close NC Thermostat KSD01 dengan melihat tanda H dan D pada komponen tersebut.

Kode Normally Open NO Normally Close NC Thermostat KSD01

Kode H merupakan kode untuk Normally Open

Kode D merupakan kode untuk Normally Close ( Koreksi , foto tertulis C , seharusnya D )

Kedua kode tersebut secara umum dapat ditemukan di komponen thermostat umumnya. Namun, pada merek tertentu tidak menggunakan kode tersebut. Beberapa menggunakan langsung notasi NC dan NO. 

Ads Metta3

NC merupakan singkatan dari Normali Close. Sedangkan No merupakan singkatan dari Normally Open

Penjelasan lebih lanjut bisa di dilihat di bagian bawah berikut yang menjelaskan lebih rinci tentang pengertian istilah yang dipakai pada kondisi terhubung atau tidak . Semoga bermanfaat. 

Pengertian Normally Open (NO kode H)

Komponen dengan Normally Open mempunyai arti bila komponen tersebut diukur pada suhu ruang atau tidak bekerja, maka tester menunjukkan tidak terhubung. Jadi kondisi tidak terhubung jika diukur dengan tester posisi ohm justru tidak bergerak.

Artinya komponen ini tidak terhubung saat kondisi normal sebelum dikenakan beban atau panas. Sebaliknya justru komponen tersebut baru terhubung saat mencapai suhu yang ditentukan sesuai spesifikasi.

Saat mencapai batas spesifikasi, maka komponen ini akan berubah dari tidak terhubung menjadi terhubung.

Pengertian Normally Close ( NC Kode D )

Komponen thermostat bila diukur dengan tester akan bergerak atau terhubung. Komponen ini baru akan memutuskan arus bila mencapai suhu spesifikasi.

Cara Pengukuran Thermofuse

Cara pengukuran menggunakan tester pada posisi x1 atau x10. Kemudian kedua probe diukur pada kedua kaki thermofuse NC. Jarum harus bergerak ke posisi 0 ohm. Jika tidak bergerak, justru artinya kompoen ini dalam keadaan terlalu panas atau bahkan rusak.

Baca juga artikel kami tentang cara kerja thermofuse bimetal. Disitu akan dijelaskan lebih jauh tentang cara kerja dari peralatan sejenis yang memanfaatkan koefisien muai logam.

Kode normally open NO normally close NC Thermostat KSD01 biasanya menggunaka kode H dan D. Sedangkan jenis komponen lain umumnya hanya tertulis NC atau NO.

Author: Wikikomponen

1 thought on “Kode Normally Open NO Normally Close NC Thermostat KSD01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.