Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Kerusakan TV LED Tidak Ada Gambar tapi Ada Suara

Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada TV LED adalah kondisi kerusakan TV LED tidak ada gambar tapi ada suara. Penyebab dan cara memperbaikinya bisa berbeda pada merek TV LG, Sharp, Politron dll. Tetapi garis besar penyebabnya hampir sama, sehingga pengecekan dan analisa kurang lebih sama.

Kerusakan TV LED Tidak Ada Gambar tapi Ada Suara

Berikut ini kita akan melihat beberapa mulai dari layout modul dalam sebuah TV LED hingga ke penyebab dan cara perbaikan TV LED secara sederhana. Perlu diingat bahwa ini merupakan petunjuk praktis yang tidak melibatkan penggantian IC SMD maupun prosesor, tetapi lebih ke pengantian modul dassn part sederhana.

Layout Komponen TV LED

Dalam sebuah TV LED terdapat beberapa komponen utama yang sering disebut modul. Berikut ini merupakan layout letak modul-modul tersebut.

Ads Metta3

Kerusakan TV LED Tidak Ada Gambar tapi Ada Suara - Layout TV LED Beserta Nama Bloknya

Cara Memperbaiki TV LED Tidak Ada Gambar dan Penyebabnya

Terdapat beberapa penyebab TV LED tidak ada gambar tetapi suara keluar . Berikut ini merupakan beberapapenyebab paling sering terjadi beserta cara memperbaikinya:

  1. Lampu Backlight Mati. Backlight merupakan komponen yang rawan mengalami kerusakan. Sering sekali ditemukan bagian ini mengalami kerusakan. Walaupun demikian, bagian ini cukup mudah untuk diperbaiki. Cukup cari pengganti, lalu ganti dengan komponen baru. Maka TV pun kembali berfungsi.
  2. Konektor kabel LVDS copot atau tidak terpasang dengan baik. Kabel ini merupakan kabel yang menghubungkan unit TCon ke unit mother board atau papan utama TV.  Kabel penghubung tersebut dapat terlepas dengan berbagai alasan antara lain:
  3. Blok TCon tidak mendapatkan supply voltase yang semestinya sebesar 12V
  4. Fuse SMD T-Con mengalami kerusakkan atau sekring dekat konektor LVDS putus. Cukup mudah mengganti komponen tersebut. Komponen ini merupakan komponen sederhana, sehingga tidak ada resiko berat yang terjadi untuk penggantian dibandingkan dengan penggantian chip set
  5. TCon mengalami kerusakan.
  6. Kontak solderan yang kurang baik dan oksidasi. Seiring waktu, bagian solderan di PCB dapat mengalami jamur maupun oksidasi. Hal ini terutama terjadi pada TV tua. Hal inni juga dialami oleh TV LED, terutama untuk rumah yang lembab.

Untuk memperbaiki kerusakan TV LED tidak ada gambar tapi ada suara, dapat dilakukan dengan melakukan analis untuk memastika penyebab sebenarnya dari beberapa kemungkinan seperti yang disebutkan di atas.

Lakukan tahapan berikut inni agar dapat memastikan kerusakan yang sebenarnya:

  • Lakukan pengukuran tegangan power supplay. Supply ke TCon seharusnya 12V.
  • Jika semua tegangan normal, lakukan pengukuran tegangan menuju output driver LED. Jika normal, lanjutkan dengan pengecekan backlight.
  • Namun apabila tegangannya tidak ada, maka lakukan pengukuran sebelum masuk ke IC. Ganti IC bila voltase masuk ada, tetapi keluar tidak terukur.
  • Biasanya setelah penggantian IC driveri, tegangan akan terukur sekitar 50V
  • Pastikan kemungkinan lain seperti kondisi PCB, koneksi, serta hal yang berpotensi membuat layar gelap.

Demikian sekilas Cara memperbaikki kerusakan TV LED Tidak Ada Gambar tapi Ada Suara yang sering ditemukan pada TV bahkan merek yang sangat populer sekalipun.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *