Kerusakan Power Supply DVD Atau Regulator

Kerusakan Power Supply DVD Atau Regulator

WikiKomponen.com Cara mengetahui kerusakan power supply DVD atau regulator dapat dilakukan dengan mengukur voltase output pada socket yang menghubungkan MPEG dengan regulator. Voltase yang seharusnya biasanya akan ditemukan pada PCB berupa tulisan kecil di bawah socket atau di bagian bawah PCB.

Kerusakan Power Supply DVD Atau Regulator
Kerusakan Power Supply DVD Atau Regulator

Kerusakan Power Supply DVD Atau Regulator

Gejala Kerusakan Power Supply DVD

Kerusakan tersebut biasanya diikuti oleh tidak berfungsinya salah satu bagian komponen player DVD atau bahkan mati total. Satu saja voltase output yang mengalami kerusakan akan mengakibatkan seluruh player tidak berfungsi.

Karena hal inilah, maka pemeriksaan yang paling awal untuk dilakukan pada setiap kerusakan DVD adalah bagian tersebut. Setelah memastikan seluruh supply tidak mengalami kerusakan, barulah pemeriksaan dapat dilanjutkan ke bagian lain dari komponen yang dicurigai mengalami kerusakan.

Ads Metta3

Beberapa gejala yang sering ditemui pada kerusakan unit regulator atau power suppy antara lain:

  • Lampu stanby tidak berubah hijau pada beberapa tipe DVD player.
  • Lampu disply tidak menyala.
  • Tidak ada indikator DVD dalam keadaan hidup atau mati
  • Optik menunjukan getaran
  • Optik tidak bergerak naik-turun saat dihidupkan
  • Pintu buka tutup tidak berfungsi.
  • Saat dihidupkan, tidak ada display atau signal yang dikirim ke TV

Pengecekan Regulator DVD Dan VCD

Voltase Output Regulator VCD

Untuk VCD, terdapat 2 output yang harus diperiksa yaitu output 5 Volt dan 9V. Output 5 Volt bertugas untuk suara dan gambar, sedangkan 9 volt lebih banyak berfungsi untuk mekanik atau gerakan.

Voltase Output Regulator DVD

Berbeda dengan VCD, DVD memiliki 2 voltase utama yaitu 5 volt dan 12 volt. Ceklah seluruh output voltase +- tersebut untuk memastikan tersedianya voltase kerja tersebut. Pengecekan dapat dilakukan dengan membandingkan hasil saat terpasang pada MPEG dan terlepas dari MPEG.

Jika terdapat perbedaan yang besar atau voltase mengalami drop yang cukup besar, kemungkinan kerusakan dapat dipastikan dengan menggunakan MPEG unit lain yang masih bagus untuk pengujian. Jika kondisi drop sama pada unit yang masih bagus, maka dapat dipastikan kondisi regulator mengalami drop pada saat dibebankan. Kerusakan yang demikian biasanya disebabkan oleh rusaknya elco pada bagian supplay tersebut. Pertimbangkan untuk mengganti transistor dan elco pada unit tersebut.

Sebaliknya, maka kemungkinan yang rusak adalah mainboard MPEG.

Kerusakan power supply DVD atau regulator merupakan kerusakan yang paling mudah untuk diperbaiki dan paling murah dibandingkan dengan kerusakan unit lain. Selamat mencoba.

Author: Wikikomponen

17 thoughts on “Kerusakan Power Supply DVD Atau Regulator

    1. Saat ini power supply DVD sudah banyak dijual dalam bentuk modul. Jadi tinggal beli 1 blok saja. Service perlu kesabaran untuk menemukan komponen yang rusak. Jika memang mau memperbaiki, mulailah dengan mengganti komponen IC diikuti dengan mengukur komponen lain yang mungkin rusak.

    1. Bisa banyak kemungkinan. Pengecekan harus dimulai dari membersihkan optik sebelum lebih lanjut ke bagian lainnya.

  1. Mas sya pnya dvd merek lG pas di idupin idup trus mati laqi kyk gx kuat nqanqkat itu biasanya apanya ea apa power suply nya bsrmaslah

    1. Salah satu kemungkinanannya power supply bermasalah bila sebelum masuk disk DVD. Kalau setelah masuk disk DVD akan lebih banyak kemungkinan.

  2. Pak mau tanya compo mini hifi , kondisi bisa hidup tapi suara tidak keluar hanya dengung saja ,klo di displaynya tertulis ct tidak konek,tks

    1. Di display tertulis CT tidak connect? Kalau dengung saja bisa disebabkan oleh berbagai hal. Sebaiknya diperiksa secara menyeluruh. Kerusakan peralatan elektronik biasanya tidak spesifik. Komponen apapun yang rusak bisa menyebabkan alat tidak berfungsi.

  3. Pak mau nanya apa rangkaian psu dvd bisa di modif dijadikan power supply universal/adaptor? Kalau bisa dimana letak untuk jalur on off nya? Input ac dan dc sudah jelas ada tulisan di papan pcb.tapi ketika saya colok ke listrik dan cek out put tidak ada tegangan sama sekali.padahal psu normal.saya ingat dengan psu komputer yg harus di on kan dengan menyambung kabel hijau dan hitam.nah untuk psu dvd ini gmana cara nya untuk switch on of nya ya supaya bisa on?

  4. Dvd sy polytron tiba2 mati total bagian mana yg hrs d perbaiki mohon bantuannya di sertai gambar komponen yg perlu d ganti

    1. Informasi ini tidak mencukupi untuk diambil kesimpulan bagian mana yang harus di ganti. Tapi sangat dianjurkan cek terlebih dahulu power supply.

    2. Permisi gan, kalau mau ganti power suplay apa boleh di ganti dengan power suplay dvd yang lain ?

  5. Mas mau tanya sy pny dvd LG kemudian dvd menyala tpi lama2 kaset dvd berputar kencang terus…knp y tlong bantuan y mas thank

    1. Biasanya IC servonya rusak. Coba periksa apakah IC servo mengalami pemanasan yang berlebihan. Cobalah tambahkan pendingin di bagian tersebut untuk sementara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *