Kelebihan Dan Kekurangan Trafo Keren VS Switching

Kelebihan Dan Kekurangan Trafo Keren VS Switching

WikiKomponen.com – Kali ini kita akan melihat kelebihan dan kekurangan trafo keren VS Switching SMPS, manalebih baik, unggul dan bagus ? Sehingga kebiasaan membandingkan dan perdebatan dapat dikesampingkan. Pembahasan akan meliputi kesederhanaan, harga, kestabilan, ripples, distorsi, dan efisiensi.

Kelebihan Dan Kekurangan Trafo Keren VS Switching

Masih sering berdebat tentang kelebihan dan kekurangan SMPS dibandingkan dengan trafo keren? Lalu sebenarnya apa saja kelebihan SMPS dibandingkan dengan dengan trafo keren ?

Kelebihan Dan Kekurangan Dari Segi Rancangan

Trafo switching sangat efisien dalam hal menurunkan tegangan dengan sangat baik. Komponen pendukung pada saat ini juga cukup mendukung untuk mendapatkan rangkaian yang sederhana, ringan, serta stabil.

Ads Metta3

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa cukup sulit untuk merancang sebuah SMPS yang baik tanpa melakukan banyak percobaan hingga akhirnya diperoleh diperoleh hasil yang benar-benar dapat bekerja dengan baik. Untuk merancang sebuah SMPS, diperlukan berbagai regulator, delay dan pengaturan yang sangat rumit, sehingga cukup rumit rangkaiannya.

Kelebihan Dan Kekurangan Trafo Keren VS Switching
Kelebihan Dan Kekurangan Trafo Keren VS Switching

Dalam merancang SMPS, umumnya perancang dihadapi dengan masalah ripple pada bagian output yang disebabkan oleh penggunaan frekuensi tinggi dalam meningkatkan efisiensi daya. Dan kalaupun berhasil dirancang, umumnya kerusakan pada jenis power supply demikian akan sulit dipebaiki.

Berbeda halnya dengan SMPS, trafo keren umumnya tidak memiliki masalah osilasi yang ditimbulkan akibat frekuensi tinggi. Frekuensi kerja trafo bekerja pada 50-60 Hz, sehingga masalah tersebut dapat dihindarkan.

Kelebihan lain dari trafo adalah tidak memerlukan banyak komponen pendukung seperti halnya dengan komponen pada SMPS. Umumnya komponen yang diperlukan sangat sederhana, murah.

Namun trafo umumnya lebih berat pada daya besar karena menggunakan material besi yang sangat berat dan besar. Sehingga pada umumnya masalah tersebut perlu dipertimbangkan atau menjadi pertimbangan.

Kelebihan SMPS Dari Segi Effisiensi

Sementara trafo hanya dapat mencapai 80-90% efisiensi antara input dan output, maka pada SMPS dapat mencapai efisiensi 95-99%. Suatu angka yang fantastis. SMPS sangat praktis terutama jika dipergunakan pada peralatan yang memerlukan banyak output dengan voltase berbeda atau bahkan polaritas berbeda.

Kelebihan SMPS Dari Segi Harga

Dari segi harga, sebagian besar SMPS dijual dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga trafo keren, namun, beberapa bahkan dijual jauh lebih mahal dari harga yang diterapkan oleh trafo keren. Dalam hal harga, hal ini sangat relatif.

Walaupun demikian , kelebihan dan kekurangan trafo keren VS switching tidak dapat dibandingkan begitu saja hanya dengan menggunakan angka-angka. Saat ini trafo keren masih merupakan pilihan pada gardu maupun pembangkit listrik di seluruh dunia. Pemilihan demikian bukan tidak ada tujuan dan pertimbangannya.

Kekurangan Power Supply Switching Secara Umum

Secara umum, switching memiliki beberapa kekurangan dibandingkan dengan trafo induksi dalam hal:

  • Lebih kompleks dan sulit dirancang dibanding power suppy trafo
  • SMPS mempunyai ripple output yang besar..
  • Umumnya hanya memiliki 1 buah output.
  • Noise yang disebabkan oleh frekuensi tinggi cukup besar
  • Dapat menimbulkan distorsi harmonik yang cukup mengganggu.

Kelebihan Switching Power Supply Secara Umum

Dari sisi kelebihan, swiching dapat disimpulkan sebagai berikut:

  • Bentuk dan ukuran power switching lebih kecil dan ringan
  • Effisinsi mampu mencapai 60 hingga 70%
  • Drop voltase pembebanan lebih kecil.
  • Panas lebih kecil

Author: Wikikomponen

6 thoughts on “Kelebihan Dan Kekurangan Trafo Keren VS Switching

  1. Maaf master saya akan merakit power amplifier .
    Kecil hanya 300 watt mono.
    Kira kira bagus pake smps atau trafo ?
    Kalo smps saya mesti pake brapa ampere
    Toh di spek kit power itu . Butuh ct 45 volt minimal 5 ampere .
    Jadi baiknya bagaimana .trimakasih

    1. BAik yang mana sangat relatif. Ada yang mengatakan SMPS belum sulit dirakit, namun saat ini juga banyak yang sudah tersedia setengah jadi yang sudah disetting dari penjualnya. Banyak faktor yang menjadi pertimbangan seperti warna suara dll sebagai pengambil keputusan.

  2. Saya ingin bertanya:
    Jika akan membuat Power Mono dengan Kit JBL 6263 2000watt, Berapa Ampere dan Voltasenya jika menggunakan:
    1. Travo Linier ?
    2. Switching SMPS ?
    Mohon bantuannya. Terima kasih.

    1. Kit JBL 6293 biasanya dirancang untuk menggunakan trafo hingga 50V-65Volt ct dengan arus maksimal 20A. Namun kembali lagi kepada kualiitas komponen yang dipergunakan. Sebagian transistor mampu tahan sampai voltase bahkan di atas voltase tersebut. Namun sebaiknya tanyakan kembali kepada produsennya untuk memastikan voltase yang dianjurkan. Hanya pembuat yang tahu transistor yang mereka pergunakan.
      Kesalahan pemberian voltase akan merusak komponen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.