Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Kelebihan Dan Kekurangan Lampu LED Hemat Energi

WikiKomponen.comKelebihan Dan Kekurangan Lampu LED Hemat Energi. Pengertian LED mobil, motor, dan rumah yang dimaksud di sini adalah berupa lampu jadi yang siap dipergunakan, bukan berupa lampu LED yang masih berupa komponen.

Sejak mulai dikenalkanya lampu tersebut kepada masyarakat, lampu jenis ini mendapat berbagai sorotan baik yang pro maupun kontra terhadap kelebihan dan kekurangan lampu jenis ini.

Kelebihan Dan Kekurangan Lampu LED Hemat Energi

Kelebihan Dan Kekurangan Lampu LED Hemat Energi

Kelebihan Dan Kekurangan Lampu LED Hemat Energi

Sejarah Bola Lampu LED

Lampu yang pertama kali ditemukan adalah lampu pijar yang diciptakan oleh Thomas Alfa Edison. Beliau merupakan kontributor besar bagi perkembangan lampu di dunia. Ciptaan lampu yang pertama mungkin bukan merupakan lampu yang paling baik dalam sejarah penemuan lampu. Namun penemuan tersebut telah menjadi mercu suar bagi perkembagan dan dasar dari terciptanya generasi lampu pijar yang masih dipakai hingga saat ini.

Namun, lampu pijar merupakan lampu yang sangat boros energi. Dalam perkembangannya, lampu pijar mengalami perubahan menjadi lampu TL yang memiliki lampu lebih terang dan lebih hemat energi dibandingkan dengan jenis lampu pijar.

Lampu pijar sendiri mengalami perkembangan hingga terciptalah generasi lampu TL hemat energi yang menggunakan rangkaian elektronik. Diluar lampu TL masih terdapat lampu Halogen yang menggunakan reflektor sebagai pengumpul berkas cahaya untuk kepentingan tertentu.

Lampu LED sendiri merupakan lampu generasi terbaru yang menggunakan komponen LED yang terbuat dari jenis silicon. Lampu ini dianggap sebagai penemuan lampu terbaik hingga saat ini.

Kelebihan Lampu LED Dibandingkan Dengan Lampu Biasa

  • Lebih Hemat Energi.
  • Lebih Aman.
  • Tahan lebih lama dibandingkan dengan jenis lampu lainnya.
  • Lampu LED tidak memancarkan panas.
  • Lebih Terang.

Namun, diluar kelebihan tersebut, lampu LED juga memiliki kelemahan yang perlu terus mengalami perubahan dan perbaikan.

Kelemahan Lampu LED.

  • Harga lampu LED lebih mahal dibandingkan dengan lampu biasa.
  • Belum banyak diperjualbelikan.
  • Sosialisasi yang masih kurang kepada masyarakat tentang kelebihan lampu tersebut.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan lampu LED hemat energi, lampu tersebut sudah banyak diaplikasikan pada lampu penerangan mobil maupun lampu motor, lampu ikan, serta senter.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *