Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Kegunaan Dan Fungsi Insulation Tester Atau Hipot Tester

WikiKomponen.comKegunaan Dan Fungsi Insulation Tester Atau Hipot Tester. Kebocoran listrik merupakan hal yang sangat membahayakan. Megger bertujuan mengukur isolasi yang dapat saja tidak berfungsi baik untuk melindungi konduktor listrik dari kebocoran listrik yang beresiko membahayakan manusia maupun peralatan.

Gagalnya fungsi isolasi tersebut dapat saja terjadi karena kualitas isolasi, terkena air, gigitan binatang dan serangga, serta kotoran atau debu yang menempel pada peralatan. Akibatnya listrik maupun peralatan mengalami hubungan singkat jika dibiarkan dalam waktu lama atau bahkan kebocoran listrik tersebut membahayakan jiwa orang yang menyetuhnya.

Kegunaan Dan Fungsi Insulation Tester Atau Hipot Tester

Kegunaan Dan Fungsi Insulation Tester Atau Hipot Tester

Kegunaan Dan Fungsi Insulation Tester Atau Hipot Tester

Latar Belakang Pengetesan Hipot Test Dan Insulation Tester

Pernahkah anda terkena strum oleh antena TV, casing komputer, atau keyboard? Bahkan peralatan yang tidak seharusnya mengantarkan listrik dapat saja mengantarkan listrik yang cukup membuat kaget. Namun anehnya saat diukur ternyata tidak terdapat kontak antara bagian supply dan bagian body. Ini tentu ada penjelasannya.

Jika sebuah konduktor mengalami kerusakan isolasi seperti kulit terkelupas, maka listrik yang mengalir dalam konduktor akan mengalir ke seluruh casing atau ground peralatan. Akibatnya hal ini sangat berbahaya. Umumnya konduktor yang mengalami kontak demikian akan mudah diketahui hanya dengan menggunakan tester ataupun testpen. Kondisi demikian biasanya sudah benar-benar terjadi kontak ke peralatan.

Namun, ternyata pada kasus isolasi yang kurang baik ini tidak selalu terjadi saat suatu peralatan diproduksi. Bisa saja peralatan tersebut diproduksi dalam keadaan dimana isolasi telah mengalami kebocoran listrik, tetapi tidak terdeteksi. Kondisi demikian biasanya tidak terukur oleh multitester biasa maupun tespen.

Hal ini justru akan sangat membahayakan karena dalam kondisi tertentu seperti saat peralatan tersebut bekerja pada kondisi maksimal, isolasi tersebut dapat tiba-tiba terbuka dan mengalirkan listrik dalam jumlah besar yang menimbulkan kematian.

Kegunaan Insulation Tester

Mengacu pada kasus di atas, beberapa negara Eropa telah mengisyaratkan semua peralatan untuk dilakukan pengetesan dan lulus Hipot Test Dan Insulation Test untuk lulus sertifikasi UL mapun standar keamanan lainnya. Seluruh produk yang mungkin gagal dan berpotensi menimbulkan bahaya harus lulus pengujian tersebut sebelum dapat dipasarkan.

Cacat produksi demikian biasanya sudah dapat diketahui jika dilakukan pengujian Hipot Test maupun Insulation Test. Namun untuk mengukur kondisi demikian hanya dapat dipergunakan peralatan khusus yang mampu mengukur tahanan hingga ratusa Mega Ohm ( MΩ ) hingga Giga Ohm (GΩ).

Pengukuran demikian hanya dapat dilakukan oleh alat yang disebut dengan Insulation Tester dan Hipot Tester. Alat tersebut sangat sensitif terhadap tahanan. Bahkan sebuah kayu, semen atau bahkan plastik dapat diukur besarnya tahanannya dengan menggunakan alat tersebut.

Dengan mengenal kegunaan dan fungsi Insulation Tester atau Hipot Tester, maka dengan mudah persyaratan sertifikasi dapat diajukan sesuai agar memenuhi persyaratan yang diterapkan negara yang dituju.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *