Jenis UPS Sine Wave Atau Square Wave Berdasarkan Bentuk Gelombang

WikiKomponen.com – Jika berdasarkan prinsip cara kerjanya, UPS dapat dibagi dalam 2 jenis , maka jenis UPS berdasarkan bentuk gelombongnya juga dapat dibagi atas 2 jenis. Kedua jenis UPS Sine Wave atau Square Wave berdasarkan bentuk gelombang turut mempengaruhi harga kinerja dan fungsi dari UPS tersebut.

Jenis UPS Sine Wave Atau Square Wave Berdasarkan Bentuk Gelombang

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah UPS, sebaiknya terlebih dahulu memahami kelebihan dan kekurangan dari jenis UPS yang akan dibeli. Salah satu hal yang harus diketahui sebelum membeli adalah memahami jenis gelombangnya terlebih dahulu.

Bentuk gelombang yang dihasilkan oleh UPS sangat mempengaruhi kinerja dari sebuah UPS.

Ads Metta3

Bentuk gelombang UPS terbagi atas 2 jenis yaitu :

  1. UPS Gelombang Sine Wave
  2. UPS Gelombang Gerigi ( Non Sinusoidal Wave Form )

Berikut ini penjelasannya:

UPS Gelombang Sine Wave

UPS gelombang sinus memiliki bentuk gelombang berbentuk sinusĀ  ( sine wave) .

Bentuk gelombang demikian hanya bisa dihasilkan oleh peralatan pembangkit listrik atau dalam arti bentuk gelombang tersebut sama dengan gelombang yang dihasilkan oleh PLN.

Jenis UPS Sine Wave Atau Square Wave Berdasarkan Bentuk GelombangUPS Gelombang Gerigi ( Non Sinusoidal Wave Form )

UPS Gelombang Gerigi ( Non Sinusoidal Wave Form ) memiliki bentuk gelombang berbentuk kotak atau step. Banyak yang juga menyebutnya dengan square wave atau gelombang kotak.

Umumnya bagi orang awam, bentuk gelombang demikian hanya dapat diketahui dari label yang tercantum saja. Padahal bisa saja yang tertulist tidak seseuai dengan yang sebenarnya.

Hampir 90% dari peralatan UPS yang ada dipasaran merupakan jenis non sin wave.

Jenis UPS Sine Wave Atau Square Wave Berdasarkan Bentuk Gelombang

Cara Pengukuran Jenis Gelombang Sine Wave

Untuk mengetahui secara pasti jenis gelombang yang dihasilkan oleh peralatan UPS tersebut, caranya dapat dilakukan dengan menggunakan Osiloskop Namun menurut beberapa sumber, jenis UPS offline umumnya berbentuk gelombang kotak. Sedangkan jenis online umumnya berberntuk Sin Wave.

Pengaruh Jenis Gelombang Terhadap Kinerja UPS

Adasnya pembagian demikian menyebabkan performa dari kedua jenis ini berbeda. Jenis gelombang sinus umumnya lebih baik terhadap peralatan. Penggunaan energy lebih efisien pada jenis ini dibandingkan dengen yang jenis bergelombang kotak.

Hal ini mengingat hampir semua peralatan dirancang untuk dipergunakan pada gelombang sinus.

Perbedaan ini terutama akan terlihat pada penggunaan UPS untuk keperluan penggerak motor atau pompa yang cenderung lebih halus menggunakan UPS sinus dibandingkan dengan jenis Squar Wave.

Harga UPS Sin Wave VS Square Wave

Dari segi harga, dapat dipastikan bahwa inverter atau UPS dengan gelombang jenis Sinus atau Sine Wave akan cenderung lebih mahal dibandingkan dengan jenis Square Wave. Persoalannya adalah apakah memang memerlukan UPS dengan gelombang sinus.

Untuk penggunaan tertentu seperti cadangan listrik dalam jangka waktu singkat gelombang Square Wave dapat dipergunakan tanpa masalah jika harga menjadi salah satu pertimbangan.

Gelombang sine wave hanya diperlukan secara mutlak saat UPS dipergunakan untuk menggerakan motor atau peralatan yang memerlukan kestabilan supply untuk bergerak normal.

Baca juga tentang:

No Responses

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *