Jenis UPS Offline Atau Online Berdasarkan Prinsip Cara Kerjanya

Jenis UPS Offline Atau Online Berdasarkan Prinsip Cara Kerjanya

WikiKomponen.com – Banyaknya merek serta produsen yang membuat konsumen cukup kewalahan saat harus memilih UPS. Namun, sebenernya untuk mengenali jenis UPS cukup mudah. Jenis UPS offline atau online berdasarkan prinsip cara kerjanya pada inverter dapat dibagi dalam 2 macam atau kelompok besar. Kedua tipe ini merupakan salah satu pertimbangan yang harus diketahui sebelum memutuskan untuk membeli jenis tertentu.

Jenis UPS Offline Atau Online Berdasarkan Prinsip Cara Kerjanya

Menurut prinsip kerjanya Jenis UPS dapat digolongkan atas 2 jenis yaitu jenis :

  1. UPS Offline
  2. UPS Online

UPS Jenis Offline

Prinsip kerjanya UPS offline bekerja menggunakan sistem relay dimana saat unit UPS mendapatkan supply listrik dari sumber listrik. Output UPS akan mengalirkan listrik langsung dari sumber listrik PLN.

Ads Metta3
Jenis UPS Offline Atau Online Berdasarkan Prinsip Cara Kerjanya
Jenis UPS Offline

Namun pada saat sumber listrik PLN atau genset mati, maka UPS akan langsung bekerja melalui  inverter untuk menghasilkan listrik AC dari batere melalui rangkaian inverter untuk menghasilkan listrik dengan tegangan AC 220 Volt.

Perpindahan atau switch time dari listrik ke power supply inverter batere memerlukan waktu pindah kurang lebih 2ms hingga 4ms. Beberapa alat mungkin akan terpengaruh dengan hal tersebut. Namun umumnya peralatan akan bekerja normal tanpa terganggu.

Kelemahan UPS jenis ini adalah kondisi tegangan saat menggunakan aliran listrik utama kurang stabil. Dengan pertimbangan tersebut, maka unit offline cenderung harus dilengkapi dengan sebuah stabilizer untuk menjaga kondisi tegangan agar tetap stabil.

UPS Jenis Online

Prinsip kerjanya UPS On Line sedikit berbeda dengan yang pertama tadi. Pada jenis ini, UPS selalu bekerja melalui inverter. Kondisi ini tidak memandang UPS baik saat sumber listrik hidup atau mati tetap harus melalui inverter atau batere.

Jenis UPS Offline Atau Online Berdasarkan Prinsip Cara Kerjanya
Jenis UPS Offline Atau Online Berdasarkan Prinsip Cara Kerjanya – Jenis Online

Hal inilah yang menyebabkan perpindahan atau switching time dari unit UPS lebih gesit dan smooth dibandkingkan dengan jenis offline.

Karena kondisi demikian, maka dapat diketahui bahwa yang bermain dalam hal ini adalah relay pada bagian converter AC ke DC ke AC atau DC ke AC via aki.

Demikianlah sekilas tentang  Jenis UPS Berdasarkan Prinsip Cara Kerjanya

 

Author: Wikikomponen

3 thoughts on “Jenis UPS Offline Atau Online Berdasarkan Prinsip Cara Kerjanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *