Jenis Spool Mic Kondensor Dan Pemakaiannya

Jenis Spool Mic Kondensor Dan Pemakaiannya

WikiKomponen.comJenis Spool Mic Kondensor Dan Pemakaiannya. Mic kondensor merupakan jenis spool mic dalam bentuk kecil yang sangat sensitif terhadap suara. Kemampuan mic jenis ini membuat mic jenis ini banyak sekali dipakai pada peralatan kelas studio.

Jenis Spool Mic Kondensor Dan Pemakaiannya
Jenis Spool Mic Kondensor Dan Pemakaiannya

Jenis Spool Mic Kondensor Dan Pemakaiannya

Terdapat dua jenis spool mic yang secara umum banyak ditemukan dipasaran yaitu jenis yang menggunakan spool mic kondensor dan jenis spool dinamik. Kedua jenis mic ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan kedua jenis mic ini dapat dilihat dari segi kemampuan menangkap suara maupun harganya.

Umumnya mic kondensor mempunyai harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis mic dengan spool dinamik. Mic dengan spool kondensor memiliki sensitifitas yang lebih baik. Mic jenis ini biasanya mampu menangkap suara dengan rentang frekuensi yang cukup lebar dengan kekuatan sumber suara yang sangat halus. Namun, mik jenis kondensor lebih rawan terhadap kerusakan karena sifatnya yang sangat sensitif.

Ads Metta3

Spool mic jenis kondensor juga banyak dipergunakan pada jenis penguat gitar, wireless, mic mini. Namun, spool mic jenis tersebut memerlukan supply tenaga secara terpisah. Berbeda dengan mic biasa yang tidak memerlukan supply listrik dari luar. Spool mic jenis ini hanya dapat dipergunakan jika terdapat rangkaian pre-amp.

Spool mic kondensor bekerja dengan menangkap getaran memalui dua lempeng logam tipis yang bertugas menangkap getaran yang ditimbulkan oleh suara disekitarnya. Akibatnya mic jenis tersebut sangat sensitif. Umumnya jenis mic tersebut dapat dikenali dari jenisnya yang sangat kecil dibandingkan dengan spool mic jenis dinamik.

Spool mic dinamik bekerja dengan diafragma yang digerakan oleh suara untuk menggerakan kumparan dalam spool tersebut, sehingga menghasilkan tegangan untuk diteruskan kerangkaian input mic.

Spool mic kondensor merupakan spool yang paling banyak dipergunakan pada proyek pembuatan mic untuk merekam musik yang perlu akurat yang tinggi. Biasanya mic untuk merekam suara gitar sering menggunakan spool mic jenis ini. Jenis spool mic kondensor dan pemakaiannya pun sangat bervariasi. Mulai dari ukuran besar hingga ukuran yang hanya beberap milimeter.

Baca Juga Artikel :

Author: Wikikomponen

1 thought on “Jenis Spool Mic Kondensor Dan Pemakaiannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *