Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Jenis Speed Control Mekanis Dan Elektronik Genset Beserta Fungsinya

WikiKomponen.com – Artikel ini merupakan kelanjuta yang membahas tentang jenis speed control mekanis dan elektronik genset beserta fungsinya dan cara kerja alat tersebut dalam mesin genset. Governor generator mesin diesel sering disebut unit speed control.

Jenis Speed Control Mekanis Dan Elektronik Genset Beserta Fungsinya

Mesin diesel harus mempertahankan kecepatan yang telah ditentukan untuk mempertahankan spesifikasi output genset. Jika putaran mesin tidak benar maka generator tidak akan mempertahankan spesifikasi output yang dibutuhkan.

Jenis Speed Control Yang Banyak Dijual

Artikel ini akan membahas berbagai jenis speed control yang terdapat pada generator set diesel.
Speed Control genset dapat dibagi menjadi dua kelompok dasar yaitu :

  1. Speed Control Mekanis
  2. Speed Control Elektronik

Speed Control Mekanis

Generator yang lebih tua menggunakan sistem kontrol mekanis. Sistem bahan bakar dikendalikan oleh speed control mekanik.

Sistem Kontrol Mekanis adalah sistem kontrol pertama yang diperkenalkan oleh produsen generator. Fungsi kontrol mesin mekanis disambungkan dengan kebutuhan beban generator listrik. Banyak sistem kontrol generator lama beroperasi dengan prinsip desain tersebut. Sebagai contoh adalah sistem speed kontrol Woodward yang lebih tepatnya disebut mekanis elektronik.

Speed Control Woodward mengontrol kecepatan mesin secara mekanis melalui speed control sentrifugal dan menerima sinyal input analog dari pengontrol. Sensor Kecepatan menggunakan sensor magnetik memasok signal ke pengontrol Woodward.

Jenis Speed Control Mekanis Dan Elektronik Genset Beserta FungsinyaSistem kontrol demikian merupakan sistem speed kontrol analog. Pengaturan sistem dilakukan sepenuhnya menggunakan sekrup penyesuaian yang diarahkan ke arah tertentu untuk menyelesaikan pengaturan sesuai keperluan. Beberapa kontrol generator masih menggunakann jenis ini.

Speed Control Elektronik

Generator modern menggunakan sistem kontrol elektronik. Sistem speed control elektronik menghubungkan dan mengendalikan fungsi kontrol mesin dan generator untuk menyediakan sumber daya.

Desain dan penciptaan generator berkembang seiring dengan munculnya teknologi digital. Bahkan penerapan signal analog dan digital telah menerapkan ECM yang menentukan interface antara ECM dan fungsi mesin untuk generator yang tidak dilengkapi dengan kontrol generator tingkat lanjut.

Diharapkan dengan artikel ini, pembaca dapat mendapatkan gambara tentang jenis speed control mekanis dan elektronik genset beserta fungsinya secara lebih jelas

 

No Responses

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *