Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Jenis Kerusakan Pada Komputer Laptop Atau Notebook

WikiKomponen.comJenis Kerusakan Pada Komputer Laptop Atau Notebook. Kerusakan yang sering terjadi adalah software, layar LED atau LCD, keyboard, panas, dan masalah batere. Komponen yang paling sering mengalami kerusakan adalah monitor. Mungkin karena jenis ini sering kali dibawa-bawa, sehingga resiko kerusakan layar menjadi semakin sering.

Jenis Kerusakan Pada Komputer Laptop Atau Notebook

Seperti yang disebutkan di atas, beberapa bagian yang sering mengalami kerusakaan antara lain adalah :

  • Software
  • Layar
  • Keyboard
  • Komputer Panas
  • Batere Cepat Habis

Penyebab Kerusakan Software Komputer

Penyebab utama kerusakan pada software komputer adalah gangguan virus atau malware. Jika software terkena virus, biasanya file yang ada akan langsung rusak sehingga tidak bisa dibuka. Virus umumnya lebih merusak dibandingkan dengan malware.

Ads Metta3

Umumnya virus dibuat untuk merusak sistem, menghapus file, serta merubah nama file untuk tujuan tertentu atau hanya untuk tujuan iseng.

Sedangkan malware lebih banyak dibuat dengan tujuan untuk mengumpulkan data, mengetahui kebiasaan surfing, mencuri data pribadi, serta melakukan survey pasar ataupun untuk tujuan iklan.

Cara Menghindari Atau Mencegah Kerusakan Sofware

  • Software atau sering disebut piranti lunak dapat dilindungi dengan antivirus yang biasanya juga bekerja sebagai anti malware. Dengan memasang antivirus, biasanya keamanan komputer lebih terjaga.
  • Mengunjungi situs yang bebas resiko. Beberapa jenis antivirus memiliki data base tentang situs berbahaya yang berada di pasar. Jika anda sempat mengunjungi situs tersebut, biasanya¬† akan langsung timbul peringatan tentang situs beresiko tersebut.
  • Instalasi Software Gratis. Software yang dibagikan gratis seringkali disusupi dengan file malware yang akan terinstall bersamaan dengan software utama saat kita memasangnya. Umumnya kondisi demikian bisa diketahui dari perjanjian yang kita setujui secara tidak sengaja. Biasanya karena malas membaca persyaratannya, kita langsung memasang software tersebut, sehingga komputer dapat saja mengalami kerusakan akibat penyusup.

Penyebab Kerusakan Pada Layar

Layar merupakan bagian yang sangat rawan terhadap kerusakan. Kerusakan bagian tersebut biasanya terjadi karena terbentur saat meletakan tas laptop, terkena hujan, tertekan atau didudukin, serta jatuh. Layar juga dapat mengalami kerusakan karena mengalami penurunan kecerahan akibat sering dinyalakan terus menerus.

Jenis Kerusakan Pada Komputer Laptop Atau Notebook

Jenis Kerusakan Pada Komputer Laptop Atau Notebook

Cara Merawat Layar Laptop.

  • Menggunakan tas laptop saat membawa laptop.
  • Memilih jenis tas yang bisa melindungi isi tas atau laptop.
  • Meletakan tas komputer di tempat yang tidak mungkin terinjak atau terduduk orang lain.

Jenis kerusakan pada komputer laptop atau notebook lainnya serta cara merawat bagian komponen tersebut juga dapat dibaca secara terpisah pada artikel lainnya.

No Responses

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *