Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Jenis Kerusakan Dan Cara Membersihkan Optik

WikiKomponen.com – Jenis Kerusakan Dan Cara Membersihkan Optik CD, VCD, DVD ROM DVD tidak banyak perbedaan. Berikut kita akan melihat jenis kerusakan yang sering terjadi, cara memperbaiki, serta tips dan trik untuk membersihkan debu yang menempel pada permukaan optik. Ikuti caranya agar tidak malah merusak lensa dan optik.

Jenis Kerusakan Dan Cara Membersihkan Optik

Jenis Kerusakan Dan Cara Membersihkan Optik

Jenis Kerusakan Dan Cara Membersihkan Optik

Jenis Kerusakan Pada Optik

Saat masih menangani perbaikan Laser Disk, VCD, CD, dan DVD, sering sekali saya menemukan kerusakan optik yang terlihat justru rusak karena kesalahan proses dalam membersihkan. Beberapa kasus kerusakan yang tidak normal yang sering ditemukan antara lain:

Ads Metta3
  • Lensa Optik Buram. Umumnya hal ini karena kesalahan dalam memilih cairan pembersih. Penggunaan cairan berupa tinner, spiritus ataupun cairan lain yang keras bisa merusak permukaan lensa. Lensa dapat mencair dan membuat sinar dari tabung dioda tidak dapat tembus dan fokus secara tepat mengenai CD, sehingga terpaksa harus diganti atau bahkan ganti seluruh set. Pergunakan pembersih CD yang dijual di toko elektronik untuk membersihkan permukaan lensa optik.
  • Putusnya coil magnetik. Coil ini berfungsi untuk menggerakan lensa optik menuju ke posisi yang tepat. Namun, karena saat membersihkannya tidak hati-hati, maka sebelah atau bahkan kedua spool tersebut rusak atau putus. Kawat kecil yang menghubungkan spool coil ini berukuran sangat kecil, sehingga harus ditangani dengan lembut.
  • Kerusakan Kabel Fleksibel. Kebiasaan memasang dan melepas kabel saat membersihkan membuat kabel ini rusak karena terkelupas. Jika sudah terkelupas, biasanya kabel tersebut akan diganti. Namun karena pemilik biasanya tidak memiliki cadangan, kabel tersebut tetap di pasang. Akibatnya peralatan malah tidak berfungsi. Belilah kabel yang baru di toko elektronik.
  • Terjatuh. Optik dan mekanik sangat rawan terhadap kerusakan jika terjatuh. Hindari hal tersebut.
  • Cap atau topi pemegang CD bergeser. Topi CD yang dipergunakan untuk memegang CD agar berputar berbeda-beda bentuknya. Ada jenis yang menggunakan magnet, dan jenis jepit seperti PS dan CD Rom. Sering kali karena tertekan, maka posisi topi tersebut bergeser.

Cara Membersihkan Optik

Untuk membersihkan optik, dapat dilakukan dengan menggunakan alat sebagai berikut:

  • Kuas Kecil. Kuas ini cukup untuk dapat membersihkan debu yang menempel pada permukaan lensa. Lakukan dengan hati-hati. Namun, kuas hanya dapat dipakai untuk kondisi debu kering. Lakukan kombinasi beberapa peralatan saat membersihkan optik.
  • Cutton Bud. Kapas ini ternyata tidak hanya untuk membersihkan telinga. Pergunakan untuk membersihkan bagian atas dari lensa atau bahkan bisa untuk bagian dalam lensa.
  • Semprotan Angin. Semprotan kecil cukup kuat untuk menghilangkan debu halus yang menempel pada lensa optik.
  • Pergunakan Cairan pembersih seperti pembersih CD yang lembut. Jangan menggunakan thinner atau cairan aerosol lainnya.

Jenis kerusakan dan cara membersihkan optik sangat bermanfaat sebagai bahan untuk menangani masalah ringan pada peralatan tanpa harus ke service center yang biasanya memakan biaya mahal. Namun tetap harus dilakukan secara hati-hati.

 

No Responses

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *