Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Jenis Dan Tipe Kompresor Berdasarkan Cara Kerjanya

WikiKomponen.comJenis dan tipe kompresor berdasarkan cara kerjanya dapat dibagi menjadi 3 macam yaitu, piston, rotary dan sentrifugal. Walaupun memiliki kelebihan dan kekurangan, ketiga macam kompresor ini masih banyak dipergunakan hingga saat ini.

Jenis Dan Tipe Kompresor Berdasarkan Cara Kerjanya

Peranan kompresor dalam memampatkan gas telah menjadi hal yang sangat penting pada kehidupan modern. Peralatan rumah tangga seperti AC, kulkas, pompa angin, pintu, rem mobil, robot, serta berbagai mesin telah melibatkan kompresor dalam melakukan fungsinya.

Secara umum kompresor dapat dibagi menjadi 3 macam yaitu:

Ads Metta3

Kompresor Jenis Piston

Kompresor ini menggunakan silinder yang dan piston untuk memampatkan gas. Biasanya jenis ini banyak dipergunakan untuk memampatkan gas yang memerlukan tekanan tinggi. Tipe kompresor piston mempunyai kelebihan dalam hal kekuatan kompresinya, sehingga banyak diterakpan pada mesin dan AC.

Peran oli atau pelumasan dalam jenis kompresor ini sangat diperlukan. Kekurangan oli pelumas dalam sistem kompresor jenis ini dapat merusak kompresor.

Jenis Dan Tipe Kompresor Berdasarkan Cara Kerjanya

Jenis Kompresor Piston

Kompresor Jensi Rotari

Jenis ini bekerja dengan sebuah screw atau ulir yang berputar dalam silinder sambil mendorong udara atau gas searah putaran ulir. Kelebihan dari jenis kompresor ini adalah suaranya yang lebih kecil, serta getaran yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis piston. Jenis ini banyak dipergunakan pada mesin pompa angin atau media udara.

Jenis ini menggunakan valve dalam yang memanfaatkan perbedaan tekanan untuk memindahkan gas atau refrigeran yang akan dimampatkan.

Jenis Dan Tipe Kompresor Berdasarkan Cara Kerjanya

Jenis Kompresor Rotari

Kompresor Jenis Sentrifugal

Kompresor ini banyak dipergunakan untuk memindahkan uap air. Gas atau udara yang dipindahkan bergerak searah dengan arah putaran kompresor. Biasanya jenis ini dipergunakan untuk memindahkan gas dalam jumlah besar dan kapasitas yang memerlukan kecepatan. Jenis kompresor ini lebih banyak bekarja pada tekanan rendah.

Jenis Dan Tipe Kompresor Berdasarkan Cara Kerjanya

Jenis Dan Tipe Kompresor Berdasarkan Cara Kerjanya

Variasi dan jenis dan tipe kompresor berdasarkan cara kerjanya terutama piston masih dapat dibedakan dari letak penggerak pistonnya. Tidak selamanya penggerak jenis piston terletak di dalam satu unit. Penggerak dapat juga menggunakan gear box atau pully jada kondisi tertentu.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *