Jenis Dan Fungsi Kapasitor Elektrolit Atau Elco

Jenis Dan Fungsi Kapasitor Elektrolit Atau Elco

WikiKomponen.comJenis Dan Fungsi Kapasitor Elektrolit Atau Elco. Kapasitor yang sering disebut kondensator ini merupakan jenis kapasitor yang menggunakan cairan elektrolit sebagai media untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Kelebihan kapasitor elektrolit adalah lebih mudah mendapatkan nilai kapasitor yang lebih besar dengan volume yang lebih kecil.

Jenis Dan Fungsi Kapasitor Elektrolit Atau Elco
Jenis Dan Fungsi Kapasitor Elektrolit Atau Elco

Jenis Dan Fungsi Kapasitor Elektrolit Atau Elco

Sebuah kapasitor elektrolit terdiri dari sebuah Anoda yang terbuat dari aluminium foil tipis yang dilapisi oleh oksida aluminium pada permuakaan foil. Melalui proses eching, permukaan foil akan diperluas, sehingga menghasilkan nilai kapasitor tertentu sesuai dengan design yang diinginkan.

Foil tersebut biasanya dibentuk dalam bentuk gulungan yang dilapisi oleh lembaran membran berbahan kertas sebagai pembatas.

Ads Metta3

Jenis Kapasitor Elektrolit

Kapasitor elektrolit dapat dibedakan menjadi 2 macam menurut polaritasnya yaitu :

  • Jenis Kapasitor Elektrolit Polar. Jenis kapasitor ini memerlukan perhatian saat pemasangan. Kesalahan pemasangan dapat menyebabkan kerusakan pada kapasitor elektrolit atau elco.
  • Jenis Kapasitor Non Polar. Berbeda dengan kapasitor polar, kapasitor non polar tidak memiliki polaritas, sehingga cara pemasangan jauh lebih mudah.

Penggunaan Kapasitor Non Polar Dan Polar

Kapasitor tersebut banyak dipergunakan pada rangkaian yang seperti crossover speaker.  Sedangkan kapasitor polar lebih banyak dipergunakan pada rangkaian power supply yang memiliki polaritas.

Jika pada rangkaian power supply terjadi kesalahan pemasangan, maka kapasitor akan mengalami kerusakan. Namun, kapasitor polaritas jauh lebih murah dan mudah dibuat untuk nilai kapasitor yang bernilai besar.

Nilai Kapasitor Elektrolit Dan Toleransinya

Jenis kapasitor tersebut memiliki nilai kapasitor mulai dari 0.1 uF hingga lebih dari 33.000 uF tergantung tipe tergantung ukurannya. Nilai dari kapasitor memiliki toleransi dari nilai yang tertulis.

Terdapat 2 hal yang biasanya menjadi spesifikasi dari kapasitor elektrolit yaitu

  • Toleransi nilai kapasitor . Umumnya kapasitor elektrolit memiliki toleransi antara 10% hingga 20%. Umumnya yang banyak ditemukan di pasaran adalah kapasitor dengan toleransi ± 20%.  Jenis yang memiliki toleransi 20% ditandai dengan M, sedangkan yang memiliki toleransi 10% ditandai dengan K
  • Toleransi terhadap temperatur. Kapasitor eletrolit umum mempunyai kemampuan tahan terhadap temperatur atau suhu hingga 85 ºC  atau 125 ºC.

Jenis dan fungsi kapasitor elektrolit atau elco harus diaplikasikan sesuai dengan voltasenya masing-masing. Kesalahan pemilihan kapasitor dapat merusak kapasitor dan peralatan itu sendiri.

Author: Wikikomponen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *