Jenis Dan Fungsi Dioda Exciter Generator Listrik

Skema Rangkaian Dioda Generator

WikiKomponen.com – Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang jenis dan fungsi dioda Exciter generator listrik atau genset berbagai merek yang banyak beredar dipasaran. Variasi harga mulai yang murah hingga mahal, bentuknya, cara pemasangannya serta berbagai hal yang berkaitan dengan dioda pada genset tersebut.

Jenis Dan Fungsi Dioda Exciter Generator Listrik

Fungsi Dioda Exciter Generator Listrik

Pada dasarnya apapun jenis dioda yang dipergunakan, sebuah dioda pada genset memiliki fungsi yang hampir sama, yakni mengubah arus AC menjadi DC. Fungsi dioda pada bagian exciter generator adalah untuk merubah arus AC yang dihasilkan oleh ketiga fasa generator menjadi arus DC. Dengan hadirnya arus DC, maka exciter akan bekerja untuk terus menerus meningkatkan excitasi pada rotor hingga mencapai keseimbangan dari bagian control.

Selain itu, dioda tersebut juga berfungsi untuk menghasilkan arus DC yang dipergunakan untuk mengisi aki pada genset dan mesupply panel dengan listrik DC agar dapat bekerja maksimal.

Jenis Dioda Generator Atau Genset

Dioda yang umum dipergunakan oleh sebuah generator dapat berupa dioda bridge yang sudah terangkai maupun jenis dioda satuan yang harus dirangkai sendiri menurut polaritas yang tepat. Berikut merupakan beberapa bentuk dioda yang paling sering ditemukan

  1. Jenis Dioda Bridge Generator Atau Genset
  2. Jenis Dioda Stud Generator Atau Genset

Jenis Dioda Bridge Generator Atau Genset

Penggunaan dioda bridge generator atau genset sangat mudah dalam pemasangan karena teknisi hanya perlu mengganti keseluruhan set dioda tersebut dengan komponen baru tanpa berlama-lama. Jenis dioda bridge biasanya memiliki tipe yang spesifik, sehingga saat mengalami kerusakan, teknisi hanya perlu membeli tipe yang sama.Jenis Dan Fungsi Dioda Exciter Generator Listrik - Jenis Dioda Genset Bridge

Cara demikian merupakan cara yang paling dianjurkan mengingat spesifikasi komponen pengganti biasanya sudah sama, sehingga mempermudah pekerjaan. Isi paket dioda tersebut pada dasarnya merupakan dioda Stud yang sudah dirangkai.

Beberapa tipe yang cukup populer antara lain:

  • RSK1001
  • RSK2001
  • RSK3001
  • RSK5001
  • SSAYEC432
  • MXY/MXGxxx

Jenis Dioda Stud Generator Atau Genset

Untuk generator yang tidak menggunakan dioda standard, maka terpaksa teknisi harus mencari sendiri dioda pengganti dengan berbagai tipe dan ukuran. Biasanya tipe yang terpasang cukup sulit untuk ditemukan. Namun hal ini tidak menjadi masalah mengingat dioda yang dipergunakan dapat digantikan dengan dioda yang umum di pasaran.

Beberapa tipe yang sering dipergunakan antara lain:Jenis Dan Fungsi Dioda Exciter Generator Listrik 25HFR40

  • Dioda Stud ZP-10
  • Dioda Stud ZP – 25
  • Dioda Stud ZP- 40
  • Dioda Stup ZP – 70
  • Dioda Stud 40HFR/HF
  • Dioda Stud 50HFR/HF
  • Dioda Stud 70HFR/HF
  • Dioda Stud 85HFR/HF

Selain itu, sebenernya masih banyak tipe dioda yang terpasang. Namun, tipe-tipe tersebut dapat digantikan dengan mudah dengan mencari jenis dengan polaritas yang sama. Sayangnya dioda penggantinya biasanya dijual dalam polaritas pasangan. Sedangkan pada beberapa generator, polaritas diperoleh dengan pengaturan pada piring dioda untuk memperoleh polaritas positif dan negatif.

cara pasang dioda genset

Skema Rangkaian Dioda Generator

Skema Rangkaian Dioda Generator

Cara Pasang Dioda Genset

Cara Memasang Dioda Generator

Salah satu gangguan yang sering ditimbulkan oleh kerusakan dioda adalah Genset tidak keluar arus listrik. Sehingga bila terjadi kejadian tersebut, ukurlah semua dioda yang terpasang. Pelajari kembali cara mengukur dioda.

Harga Dioda Genset

Harga dioda genset dapat bervariasi mulai dari Rp. 50.000 hingga Rp. 2.000.000 untuk jenis Bridge dengan plat. Saat ini, banyak situs online yang telah menjual komponen tersebut sehingga relatif mudah ditemukan. Beberapa saat yang lalu saya menemukan 3 pasang dioda tersebut hanya dengan harga kurang dari Rp. 300.000 di Toped.

Jenis dan fungsi dioda Exciter Generator listrik walaupun sama dapat cukup membingunkan karena fungsi yang sama dapat dijual dengan harga yang sangat berbeda.

Author: wikikomponen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *