Fungsi Thermofuse Atau Thermal Fuse Dan Kegunaannya

Fungsi Thermofuse Atau Thermo Fuse Dan Kegunaannya

WikiKomponen.comFungsi Thermofuse Atau Thermal Fuse Dan Kegunaannya. Thermo atau termofuse berfungsi melindungi peralatan elektronik dari kerusakan akibat over heat atau kepanasan. Jika sekring bekerja untuk membatasi lonjakan arus pada peralatan elektronik, maka thermo fuse bertugas untuk memutus arus saat peralatan mencapai suhu tertentu.

Fungsi Thermofuse Atau Thermal Fuse Dan Kegunaannya

Thermofuse merupakan komponen yang banyak dipakai pada peralatan elektronik seperti halnya sebuah sekring. Saat membeli komponen tersebut, yang harus diperhatikan adalah besarnya arus dan batas suhu yang mampu ditangani oleh komponen tersebut.

Cara pemasangan thermofuse harus menempel pada bagian komponen yang dilindungi. Dengan demikian temperatur pada komponen tersebut akan terukur oleh sekring temperatur tersebut. Jika suhu komponen atau peralatan elektronik tersebut mencapai suhu kritis, maka sekring ini akan memutus arus yang mengalir ke peralatan elektronik tersebut, sehingga terhindar dari kerusakan.

Ads Metta3

Penulisan Dan Sebutan Umum Thermofuse

Termofuse memiliki berbagai cara penyebutan yang berbeda-beda. Sebagian orang mungkin menyebutnya dengan sebutan thermo fuse, namun sebagian lagi menyebutnya dengan cara yang berbeda.

Berikut ini merupakan beberapa penyebutan dan penulisan yang berbeda dari thermofuse:

  • Thermofuse / Termofuse
  • Thermo Fuse
  • Thermal fuse
  • Sekering Panas
  • Sekering Suhu
  • Sekering Temperatur
  • Thermal Cutoff

Kegunaan Termofuse

Thermofuse banyak ditemukan di dalam peralatan antara lain :

  • Trafo
  • Motor Kipas Angin
  • Elemen Hair Dryer,
  • Elemen solder terutama buatan eropa.
  • Alarm Dan Anti Kebakaran
  • Rice Cooker

Jenis-jenis Bentuk Thermofuse

Thermofuse terdiri dari sebuah kawat dengan titik lubur tertentu yang dibungkus sebuah tabung logam maupun keramik yang biasanya ditempelkan pada peralatan elektronik.

Bentuk thermofuse sendiri terdiri dari berbagai macam. Terdapat bentuk tabung ataupun berbentuk kotak seperti kapasitor. Berikut ini merupakan 2 bentuk thermofuse yang sering ditemukan pada peralatan elektronik.

Thermofuse Bentuk Tabung.

Bentuknya sekilas menyerupai resistor ataupun skring. Biasanya pada badan komponen tersebut terdapat spesifikasi amper dan suhunya.

Fungsi Thermofuse Atau Thermal Fuse Dan Kegunaannya
Fungsi Thermofuse Atau Thermal Fuse Dan Kegunaannya

Thermofuse Kotak

Bentuknya menyerupai kapasitor MKM yakni sejenis kapasitor berbentu persegi panjang kecil. Jenis tersebut banyak ditemukan pada kipas angin.

Cara Memasang Thermofuse

Sebuah thermofuse selalu dipasang secara seri dengan peralatan kecuali untuk tujual contron atau relay. Salah satu alat yang banyak menggunakan thermofuse adalah kipas angin.

Cara memasang thermofuse pada kipas angin selalau dihubungkan dengan salah satu kabel input kipas sebelum masuk ke motor kipas angin.

Pemasangan thermofuse harus ditempelkan ke body alat yang ingin dilindungi. Dengan menempelkan badan ke peralatan yang ingin dilindungi, maka suhu motor akan segera terdeteksi oleh sekering. Sehiingga bila melebihi suhu sekering, maka arus akan putus dan berhenti mengalir ke dalam peralatan.

Hal ini bertujuan untuk menjaga agar bagian yang lebih mahal dari kipas angin atau alat elektronik lainnya tidak ikut rusak karena kepanasan. Jadi hanya sekring dengan harga murah yang dikorbankan.

Harga Thermofuse

Harga thermofuse berkisar antara Rp. 2000 hingga Rp. 10.000 untuk bentuk tabung dan bentuk kotak. Sedangkan pada beberapa jenis yang mirip dengan bentuk transistor mungkin akan sedikit lebih mahal. Namun biasanya tidak akan lebih dari belasan ribu rupiah.

Letak Thermofuse

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa sekering jenis ini selalu dipasang berdekatan dengan peralatan yang ingin dilindungi. Artinya, sekering ini akan mudah ditemukan ditempat yang suhunya cukup panas seperti motor kipas angin, elemen rice cooker, terbungkus dalam lilitan trafo dan sebagainya.

Cara Mengukur Thermofuse

Cara mengukur thermofuse sama dengan cara mengukur sekring. Thermofuse yang masih utuh akan terukur dengan multimeter.

Fungsi thermofuse atau thermal fuse dan kegunaannya sebagai pengaman rangkaian. Saat ini,  semakin banyak dipergunakan sebagai persyaratan standarisasi keamaan di negara-negara tertentu.

Baca Juga Artikel :

Author: Wikikomponen

3 thoughts on “Fungsi Thermofuse Atau Thermal Fuse Dan Kegunaannya

    1. Thermofuse pada mesin kipas angin umumnya merupakan jenis pengaman yang putus bila suhu motor mencapai suhu tertentu. Tujuannya untuk mengamankan motor dari kerusakkan dengan mengorbankan fuse. BErbeda dengan setrikaan, Fungsi fuse jenis ini adalahh untuk membatasi arus yang lewat saat mencapai suhu tertentu, Bila suhu sudah kembali turun, arus listrik akan kembali mengalir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *