Fungsi Saklar Rotary Selektor Switch Dalam Adaptor

Fungsi Saklar Rotary Selektor Switch Dalam Adaptor

WikiKomponen.com Fungsi saklar rotary selektor switch dalam adaptor adalah untuk memudahkan pemilihan voltase output sesuai yang dibutuhkan oleh peralatan. Penggunaan saklar tersebut dapat menambah fleksibilitas sebuah adaptor karena kebebasan memilih voltase adaptor membuat adaptor dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan berbagai peralatan.

Fungsi Saklar Rotary Selektor Switch Dalam Adaptor
Fungsi Saklar Rotary Selektor Switch Dalam Adaptor

Fungsi Saklar Rotary Selektor Switch Dalam Adaptor

Fungsi utama dari sebuah saklar adalah untuk memudahkan pemilihan opsi voltase pada sebuah adaptor. Sebuah adaptor dapat mengeluarkan voltase seperti 3 volt, 4.5 volt, 6 volt, 9 volt, dan 12 volt. Akibatnya setiap peralatan memerlukan sebuah adaptor untuk dipakai sendiri dan tidak bisa dipakai untuk peralatan lain.

Namun, dengan menggunakan jenis adaptor yang dirancang menggunakan selektor, maka hanya dengan menggunakan sebuah adaptor, maka semua peralatan dapat menggunakan adaptor yang sama untuk memenuhi kebutuhan supply listrik DC.

Ads Metta3

Untuk dapat menggunakan adaptor jenis ini, hal yang perlu diperhatikan adalah polaritas dan ukuran voltasenya harus sama.

Cara Memasang Saklar Rotari

Terdapat 2 cara yang paling sering dilakukan untuk mengatur voltase pada output sebuah adaptor yaitu :

  • Memasang resistor pada terminal rotari untuk mengatur voltase output.
  • Memasang output yang berbeda-beda pada trafo melalui selektor.

Kedua cara tersebut merupakan cara yang paling sering dipergunakan. Dapat juga kedua cara tersebut dipadukan untuk mendapatkan voltase yang lebih tepat untuk dapat dipergunakan.

Untuk dapat memasang selektor, hal pertama yang dilakukan adalah menghubungkan titik 0 pada output trafo ke salah satu input AC pada dioda. Sedangkan output lain dipasang menuju ke terminal sekeliling rotari switch menurut urutan voltase dari kecil ke besar. Sedangkan pin tengah saklar rotari dipasang menuju ke input AC dioda lainnya.

Pemasangan demikian seperti yang dijelaskan di atas juga dapat dipadukan dengan penambahan resistor untuk mengatur ketepatan voltase. Namun, dianjurkan sebaiknya voltase diatur dari trafo saja. Rancanglah voltase trafo sesuai yang diperlukan agar tidak perlu lagi menggunakan resistor.

Untuk pemasangan output dioda, perhatikan polaritasnya. Hubungkan output dari dioda dan elco menuju ke output adaptor. Hal tersebut sebenarnya telah dibahas pada bagian yang membahas cara membuat rangkaian adaptor, sehingga tidak akan dibahas lebih lanjut.

Fungsi saklar rotary selektor switch dalam adaptor dengan pemasangan demikian memungkinkan pemilihan voltase yang diperlukan saat akan dipergunakan. Namun, harus diingat bahwa voltase tidak langsung berubah saat rotari diputar karena terdapat muatan dalam elco yang masih memiliki voltase yang lebih tinggi atau lebih rendah sebelum diputar. Waktu perubahan sangat tergantung pada nilai kapasitor atau elco yang dipergunakan. Semakin besar kapasitor yang dipergunakan, semakin lama waktu yang diperlukan untuk menuju ke voltase yang sebenarnya.

Author: wikikomponen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *