Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Fungsi Mesin Potong Kupas Kabel Otomatis

WikiKomponen.comFungsi Mesin Potong Kupas Kabel Otomatis. Mesin jenis ini mampu memotong, mengukur, kupas, dan pelintir ujung kabel sendiri dengan melakukan setting pada panel kontrol. Jenis mesin ini banyak dipakai pada industri kabel atau produsen kabel wire hardness yang melayani pesanan pabrik elektronik serta otomotif.

Fungsi Mesin Potong Kupas Kabel Otomatis

Fungsi Mesin Potong Kupas Kabel Otomatis

Fungsi Mesin Potong Kupas Kabel Otomatis

Mesin potong kabel otomatis berfungsi untuk melakukan pekerjaan pemotongan kabel yang biasanya dilakukan secara manual oleh operator. Namun, seiring dengan semakin tingginya upah kariawan, sebagian perusahaan telah melakukan otomatisasi terhadap berbagai jenis pekerjaan yang selama ini dapat dilakukan oleh tenaga menusia menjadi tenaga mesin.

Ads Metta3

Bentuk mesin potong kabel otomatis ini hanya berukuran sekitar panjang 30-40cm, serta berat kurang dari 50 Kg. Namun ternyata memiliki kemampuan memotong kabel lebih cepat dari pada mesin potong generasi sebelumnya yang lebih memanfaatkan sistem kerja mekanik.

Kemampuan Mesin Potong Otomatis.

Dalam sebuah mesin, terdapat 2 kemampuan utama yaitu :

Memotong Sendiri.

Tidak hanya sekedar memotong. Ternyata mesin ini mampu di set untuk memotong satu gulung kabel dengan panjang yang seragam yang sebelumnya telah diprogram. Ketepatan pemotongan jenis mesin ini bisa mencapai ketelitian hingga 1 mm.

Dengan kecepatan pemotongan yang terbilang sangat cepat, mesin ini mampu mengalahkan biaya yang harus dibebankan pada biaya potong untuk seorang karyawan.

Kemampuan Mengupas Sendiri

Kabel hasil potongan sering kali harus dikupas pada kedua ujung untuk diproses lebih lanjut seperti pemasangan terminal pin, celup timah, atau memudahkan pekerjaan sesuai pesanan pembeli. Kelebihan mesin ini adalah mampu mengupas kedua ujung dengan panjang tertentu. Semuanya dilakukan melalui program yang sudah disiapkan di panel.

Tidak perlu pengupasan secara manual. Semua pekerjaan dapat dilakukan dalam satu langkap yakni potong dan kupas.

Kelebihan Menggunakan Mesin Potong Kabel Otomatis

Terdapat 3 pertimbangan untuk menggunakan mesin ini yaitu dari segi:

  • Biaya Lebih Murah.
  • Ketelitian Lebih Baik.
  • Jumlah Produksi Bisa Ditentukan Otomatis
  • Kecepatan Potong.
  • Mengupas Sendiri.
  • Twist Sendiri Atau Pelintir Ujung Kabel Otomatis.

Mesin potong kupas kabel otomatis memiliki beberapa varian dalam hal Twist. Tidak semua mesin memiliki kemampuan tersebut. Semakin banyak fungsi yang dapat dijalankan, biasanya akan semakin mahal. Harga setiap mesin pengupas kabel ini berkisar antara 40 juta hingga 100 juta rupiah. Semoga bermanfaat.

One Response

  1. Junnia Megaversal 30/08/2019 Reply

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *