Fungsi Dan Jenis Komponen Rangkaian Sensor Cahaya

Fungsi Dan Jenis Komponen Rangkaian Sensor Cahaya

WikiKomponen.comFungsi Dan Jenis Komponen Rangkaian Sensor Cahaya . Rangkaian seperti LDR, Foto Transistor dan dioda, atau sering disebut juga Photo Diode banyak dipergunakan sebagai salah satu input untuk mendeteksi keberadaan cahaya.

Fungsi Dan Jenis Komponen Rangkaian Sensor Cahaya
Fungsi Dan Jenis Komponen Rangkaian Sensor Cahaya

Fungsi Dan Jenis Komponen Rangkaian Sensor Cahaya

Sensor cahaya tersebut berfungsi untuk mengubah energy cahaya menjadi energy listrik atau merubah tahanan dalam komponen, sehingga dapat direkayasa sebagai sensor otomatis. Rangkaian yang menggunakan cahaya sebagai indikator biasanya akan memanfaatkan 3 jenis sensor. Komponen yang sering dipergunakan dan ditemukan adalah:

  • LDR Atau Light Dependent Resistor Atau sering disebut juga foto resistor.
  • Foto Transistor
  • Foto Dioda.

Ketiga komponen tersebut adalah unsur utama dalam kumparan rangkaian sensor cahaya.

Ads Metta3

LDR

Jenis pertama yang paling sering banyak dipergunakan dalam rangkaian rangkaian sensor cahaya adalah foto resistor atau LDR. Komponen tersebut bekerja dengan cara perubahan resistensi ketika komponen tersebut dikenai cahaya atau sinar matahari.

Foto Transistor

Foto transistor bekerja dengan prinsip yang mirip dengan photo cell atau sel matahari. Ketika permukaan transistor tersebut dikenai cahaya, maka energi cahaya akan dikonversi menjadi energi matahari. Dengan demikian, maka energa matahari yang dihasilkan tersebut dapat menggerakan relay, rangkaian dan berbagai instrument kontrol lainnya. Pada foto transistor terjadi gain terhadap output arus.

Foto Dioda

Foto dioda bekerja dengan prinsip yang menyerupai foto transistor. Cahaya yang diterima oleh foto dioda akan dikonveriskan menjadi energi listrik. Foto Dioda banyak dipergunakan pada jenis solar sel generasi pertama. Biasanya sebuah foto dioda terdiri dari bagian berupa optical atau kaca pengumpul dan filter gelombang cahaya. Fungsi dan jenis komponen rangkaian sensor cahaya yang disebutkan terakhir ini memiliki persamaan yakni menggunakan semikonduktor sebagai media.

Author: Wikikomponen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *