Fungsi Carbon Brush Pada Motor Listrik Dan Generator

Fungsi Carbon Brush Pada Motor Listrik Dan Generator

WikiKomponen.comFungsi Carbon Brush pada motor listrik dan generator adalah sebagai penerus tegangan dari bagian statis ke bagian yang bergerak. Kelebihan carbon brush adalah mampu mengantarkan listrik tanpa menimbulkan percikan api yang menyebabkan mencairnya bagian tersebut.

Fungsi Carbon Brush Pada Motor Listrik Dan Generator

Sebuah karbon brush biasanya disambung dengan sebuah per untuk memastikan permukaan carbon brush terus menempel atau menyentuh permukaan bagian yang berputar tanpa terjadi putusnya listrik, sehingga peralatan dapat terus berputar dan bekerja.

Supply listrik dilakukan melalui sebuah kabel listrik atau tembaga yang dihubungkan ke inti dari carbon bross. Pemasangan kabel tersebut melibatkan penggunaan resin maupun tekanan.

Fungsi Carbon Brush Pada Motor Listrik Dan Generator
Fungsi Carbon Brush Pada Motor Listrik Dan Generator

Alasan dipilihnya carbon brush karena komponen tersebut mampu mengantarkan listrik tanpa menyebabkan kerusakan pada penghantar itu sendiri. Carbon tidak mencair akibat percikan api saat berputar mengelilingi permukaan listrik yang bersentuhan.

Namun, karena terbuat dari carbon dan bekerja secara terus menerus terhadap gesekan, komponen tersebut dapat aus dan bahkan habis, sehingga memerlukan pergantian.

Cara Pembuatan Carbon Brush

Carbon brush terdiri dari bubuk karbon dengan komposisi campuran tertentu yang dipadatkan dengan menggunakan tekanan tinggi. Hampir semua bor, motor, bahkan stabiliser yang bekerja dengan motor yang berputar sepanjang lilitan trafo menggunakan carbon brush sebagai penghantar listrik pada bagian tersebut.

Pembuatan carbon brush di dahului dengan pembentukan awal untuk mendapatkan dimensi yang diinginkan. Produk tersebut kemudian harus diproses dengan suhu tinggi sekitar 1200ÂșC untuk menyatukan struktur dari carbon.

Carbon brush dirancang dengan menentukan kekerasan dan komposisinya untuk tujuan yang berbeda. Fungsi carbon brush pada motor listrik dan generator sifatnya hanya terbalik, namun memiliki prinsip kerja dan fungsi yang sama.

Author: Wikikomponen

6 thoughts on “Fungsi Carbon Brush Pada Motor Listrik Dan Generator

  1. Carbon brush pada generator set jika d ganti kabel apa nilainya tetap sama atau berubah….? Contoh di carbon brush terpasang kabel 1 mm keluar arus dari rotor cuma 13 V, kalau kita ganti pakai kabel 1,5 mm apa nilai keluarnya akan berubah atau tidak…? Terima kasih sebelumnya

    1. Tidak jika kabelnya pendek atau tahanan dalam tidak banyak berbeda. Dari segi arus, semakin besar kabel, semakin besar arus yang dapat mengalir. Selama mencukupi untuk mengalirkan arus, tidak banyak pengaruhnya ada voltase tidak banyak berpengaruh.

  2. apa gk bisa gan dipakai carbonbrush generator ke motor listrik
    saya pasang bunga apinya besar sekali

  3. Saya punya gerinda tangan 4″ , masalahnya sangat cepat panas ketika baru digunakan, apakah penyebab yang bisa mengakibatkan hal seperti itu?? Terimakasih sebelumnya atas bantuannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.