Free Energy atau Listrik Gratis Sekedar Hoax atau Kenyataan

Free Energy atau Listrik Gratis Sekedar Hoax atau Kenyataan

WikiKomponen.Com – Free Energy atau Listrik Gratis Sekedar Hoax atau Kenyataan? Pertanyaan ini mungkin banyak mendapat protes ketika dikatakan sebagai hoax. Lalu bagaimana menyikapi berbagai temuan yang saat ini sedang populer dimasyarakat? Apakah tenaga magnet gratis? Tenaga dinamo? Energy surya, serta berbagai penemuan yang terkadang kita sulit membedakannya ?

Free Energy atau Listrik Gratis Sekedar Hoax atau Kenyataan

Perlu diperjelas terlebih dahulu pengertian dari free energy atau energi gratis atau listrik gratis sebelum kita bisa memahami apa yang sedang dibahas. Atau apa percobaan yang sedang diperdebatkan.

Ads Metta3

Dalam ilmu fisika, kita pernah mengenal hukum kekekalan energi dan termodinamika. Jika sebuah penemuan dapat memenuhi mematahkan hukum tersebut, saya setuju bahwa energi tersebut dapat disebut sebagai energi gratis.

Energi matahari, energi angin, energi potensial pada dasarnya merupakan tidak melanggar hukum tersebut, namun saya setuju energi-energi tersebut disebut sumber energi gratis karena dapat dibuat oleh siapa saja dengan mengambil sumber energi dari alam. Tentu saja itu tidak gratis 100% pada awalnya. Diperlukan investasi peralatan untuk mengkonversi sumber energi yang gratis menjadi energi yang bisa dipergunakan. Dalam hal ini, pisahkan energi pembangkit listrik angin yang juga menggunakan magnet dari energi magnet.

Energi fosil tentu saja tidak bisa disebut dengan energi gratis karena bahan bakar tidak bisa diperoleh secara gratis dari alam. Tidak setiap orang dapat memperoleh bahan bakar langsung dari alam. Maka energi tersebut disebut dengan energi berbayar.

Apakah Energi Magnet Adalah Energi Gratis Atau Listrik Gratis ?

Energi yang dibangkitkan dengan mengnet pada dasarnya tidak keluar dari jalur kekekalan energi. Perlu diketahui bahwa untuk membuat sebuah magnet, diperlukan sumber energy yang cukup besar. Energi magnet tersebut pada dasarnya akan jenuh jika dipergunakan terus-menerus untuk membangkitkan listrik. Jadi jumlah energy yang dihasilkan semakin lama akan semakin kecil seiring pemakaian. Lalu, apakah ini dapat disebut sebagai energi gratis?

Dibandingkan dengan energi matahari, energi angin, dan energi air, maka energi magnet sesungguhnya jauh dari ideal karena sumber energi tersebut tidak akan pernah mencapai titik gratis dalam pemakaian.

Dalam artikel kami yang terdahulu, kami sempat menjelaskan bahwa sebuah energi matahari menggunakan solar panel sebesar 2000 watt hanya perlu investasi sekitar  Rp.20 jt rupiah. Dengan perhitungan bahwa investasi tersebut akan mencapai BEP tidak lebih dari 2 tahun jika disinkronkan berbarengan dengan listrik PLN. Dalam arti, penggunaan listrik setelah 2 tahun, listrik akan benar-benar gratis dengan sedikit biaya pemeliharaan.

Semoga saja lebih banyak yang meneliti energi matahari tersebut, sehingga dapat menghasilkan panel surya yang sangat murah, sehingga investasi awal akan semakin murah.  Baca juga artikel kami tentang energi matahari.

Author: Wikikomponen

3 thoughts on “Free Energy atau Listrik Gratis Sekedar Hoax atau Kenyataan

  1. Energy gratis dari magnet atau dinamo dinamo starter dan dinamo generator.. Itu semua hoax…. Lain dengan energy angin matahari air.. Itu pasti ada gratis nya tapi tidak 100℅
    Energy yang di hasilkan dari dinamo tidak ada gratis nya…. 1+1 =2=3-1=9-7 sama saja
    Kesimpulan energy itu konstan nilainya
    Hanya Allah yang menciptakan energy manusia cuma bisa mengubah ubah…

  2. Saya memiliki sebuah alat
    Alat ini input dari PLN misalnya input 500 watt output yg di hasilkan sepuluh kali dari input yaitu 5000 watt stabil dg beban penuh. Dan yg di bayar ke PLN tetap hanya input 500 watt.
    Apakah ini masuk free energi.
    Dan ini real.

    1. Jika dalam proses menghasilkan 10x dari sumber tanpa mengeluarkan biaya tambahan, maka dapat disebut dengan free energy. Namun sebalilknya bila mengorbankan bahan bakan, atau alat tersebut habis pakai sebanding dengan daya yang dihasilkan, maka belum dapat disebut dengan free energy. Bedakan energy alternatif dan energi gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *