Cara Tes Kerusakan Komponen Elco Dengan Multitester

Cara Tes Kerusakan Komponen Elco Dengan Multitester

WikiKomponen.comCara Tes Kerusakan Komponen Elco Dengan Multitester. Mengukur bagus tidaknya komponen Elco dapat dilakukan dengan sebuah multitester jarum, multimeter atau avo meter.

Cara Tes Kerusakan Komponen Elco Dengan Multitester
Cara Tes Kerusakan Komponen Elco Dengan Multitester

Cara Tes Kerusakan Komponen Elco Dengan Multitester

Elco atau elektrolit kapasitor merupakan komponen pada rangkaian elektronik yang berfungsi untuk menyimpan sementara muatan listrik. Fungsi komponen tersebut adalah untuk melancarkan penyaluran daya listrik yang lebih kontinue dengan cara pengisian dan pengosongan.

Kerusakan sebuah komponen elco dapat terjadi bila terjadi lonjakan listrik yang melebihi rating voltase kerjanya. Misalnya sebuah elco yang memiliki voltase 25 Volt jika dibebankan hingga melebihi voltase tersebut akan mengakibatkan elco tersebut rusak atau meledak.

Ads Metta3

Sedangkan lonjakan voltase bisa saja terjadi karena kebocoran regulator antara lain pada dioda maupun komponen lain yang menyebabkan voltase yang mengalir pada suatu rangkaian meningkat.

Ciri Ciri Sebuah Elco Masih Bagus

Sebuah elco yang masih baik akan mampu menyimpan muatan sesuai dengan kapasitasnya dan kemudian mampu membuang muatannya tersebut hingga kosong. Hal inilah yang dimaksud dengan Charge dan Recharge pada elco. Dengan mengetahui aturan tersebut, maka kita dapat mengetahui dengan mudah kondisi kapasitor yang sedang kita ukur tersebut.

Secara fisik, bagus tidaknya sebuah kapasitor dapat dilihat dari fisiknya. Sebuah elco atau kapasitor elektrolit yang rusak dapat dilihat dari :

  1. Bentuk tabung atau casing kapasitor. Jika sudah gembung bagian atas ataupun bawah , maka segera ganti sebelum meletus.
  2. Pembungkus plastik. Kapasitor yang sudah terkelupas kulit casingnya sebaiknya diganti saja dengan yang baru.

Untuk mengukurnya, berikut ini terdapat contoh pengukurannya.

Contoh Cara Mengukur Elco

Mengukur elco dengan nilai kapasitor 4.7 uF.

  1. Tempatkan posisi  saklar tester pada posisi 1K.
  2. Tempatkan kedua probe atau jarum tester pada kedua terminal elco maka jarum akan menunjukan angka tertentu.
  3. Jika jarum tidak bergerak, kemungkinan elko tersebut rusak. Periksa kembali posisi saklar apakah pada posisi yang tepat. Untuk elco dengan nilai di atas 100 uF posisi harus pada x10, sedangkan pada elco lebih besar, posisi harus pada x1, sebaliknya jika dibawah 1 uF, pergunakan posisi 10k.
  4. Jika elco bergerak menunjukan angka tertentu, maka akan terdapat 3 kemungkinan
    • Kemungkinan pertama adalah : Jarum bergerak kembali ke 0, ini berarti elco tersebut dalam keadaann prima atau bagus.
    • Kemungkinan kedua adalah : Jarum bergerak kembali, tetapi tidak sampai 0. Ini berarti elco masih berfungsi walaupun discharge atau pembuangan muatan tidak hingga habis. Dianjurkan ganti komponen tersebut sebelum menimbulkan masalah.
    • Kemungkinan ketiga adalah : Jarum tidak kembali ke 0. Ini menunjukan fungsi elco tersebut rusak atau tidak berfungsi.
  5. Cek fisik Elco. Elco yang bagian atasnya menggelembung menunjukan kondisi elco yang sudah kurang bagus. Lihat Juga Video Cara Mengukur Elco sebagai referensi agar secara visual mengetahui perbedaan ketiganya. 

Cara tes kerusakan komponen elco dengan multitester jauh lebih mudah dibandingakn dengan menggunakan peralatan lain seperti osiloscope maupun LCR.

Artikel Terkait Lainnya :

Author: Wikikomponen

14 thoughts on “Cara Tes Kerusakan Komponen Elco Dengan Multitester

  1. Om saya mau tanya, kalo power supply elco nya menggunakan 180vf 400v diganti menggunakan elco 180vf160v bisa ngga ya soal nya cari elco yg lama susah

    1. Untuk voltase harus disesuaikan dengan voltase yang bekerja pada kapasitor. Penggantian dengan voltase yang terlalu kecil akan menyebabkan elco meletus atau pecah. Saat ini banyak toko online yang memudahkan mencari komponen yang sulit. Silakan cari di market place yang saat ini sangat terkenal seperti bukalapak, tokopedia dan sebagainya.

    1. cara mengukur elco dengan tester analog sudah di jelaskan di dalam artikel. bisa juga cari youtube tentang hal tersebut.

  2. Permisi om mau tanya, Klo pas mengecek rangkaian elektronika, di multimeter digital sy atur skala ohm atau Dioda buat cek short /korsleting, multi sy non buzzer, jd hanya liat lcd, Pas sy cek kok ada nilai yg besar tpi cuma sebentar habis itu turun lg ke angka 1 /stanby awal, apa itu termasuk short apa enggak yah om?

  3. Om. Saya ada elco yg dicopot dari speedometer toyota. Pada elco tersebut hanya tertulis 563E. Bagaimana cara mengukur kapasitas nya . maksud saya utk mengetahui berapa mikro faradnya dan volt nya

    1. untuk mengukur kapasitas elco dapat dilakukan dengan menggunakan LCR meter. Saat ini banyak dijual LCR meter portable. Harganyapun cukup murah.

    2. Elco bisa di beli di semua toko komponen elektronik. Jadi cukup mudah. Jika kesulitan, bisa coba di toko online yang saat ini bertebaran. Selamat mencoba

    1. elco bisa terbakar karena bekerja di atas voltase yang tercantum di bodinya atau sudah lama tidak dipakai lalu saat dihidupkan langsung dipacu berlebihan. Untuk elco yang lama tidak dipakai sebaiknya jangan langsung di pakai pada power maksimum. Panaskan dahulu selama 2 menit sebelum dibesarkan kapasitasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *