Cara Setting Kit XH-M601 Modul Control Charger Otomatis Aki

Cara Setting Kit XH-M601 Modul Control Charger Otomatis Aki

WikiKomponen – Masih sering ada penggemar elektronik yang menanyakan seputar cara setting kit XH-M601 modul control charger otomatis aki. Pengaturan voltase batas atas, batas bawah, serta arah putaran trimpot RP1 dan RP2 agar sesuai voltase maksimum dan minimum yang diinginkan masih menjadi sesuatu yang membingungkan.

Cara Setting Kit XH-M601 Modul Control Charger Otomatis Aki

Fungsi Trimpot RP1 dan RP2

Terdapat 2 buah trimpot pada modul XH-M601 yang berfungsi untuk merubah setting awal pabrik seseuai dengan selera pemakai.

Kami menganjurkan agar kedua trimpot tersebut tidak disentuh jika anda masih belajar.

Ads Metta3

Terutama jika tidak ada kepentingan yang sangat mendesak dan tahu urgensinya.

Settinggan pabrik sudah di atur pada posisi mati pada 14.8VDC dengan toleransi 0.1V.

Voltase tersebut merupakan voltase yang paling aman untuk aki sehingga jangan kuatir soal 14.8VDC.

Fungsi Trimpot RP1 adalah untuk mengatur voltase start isi atau permulaan pengisian aki. Artinya charger akan hidup sendiri pada voltase di atas voltase yang di set tersebut. Pabrik sudah mengeset sekitar 6VDC saat relay berpindah ke on.

Fungsi trimpot RP2 adalah untuk mengatur batas voltase maksimum yang diperbolehkan selama pengisian.

Jika voltase voltmeter menunjukkan di atas voltase 14.8VDC, maka charger aki akan mati.

Fungsi RP2 adalah mengatur batas atas tersebut.

Cara Penyetelan Trimpot Kit Control Otomatis Charger Aki

Trimpot yang terpasang merupakan trimpot multiturn yang sangat sensitif. Sekali lagi kami ingatkan jangan coba memutar bila anda tidak memiliki keahlihan elektronik.

Putarlah dengan obeng kecil sedikit demi sedikit. Kelebihan memutar akan membuat trimpot menjadi open atau hilang fungsi.

Kesalahan penyetelan akan merusak trimpot tersebut, sehingga saat rusak anda harus mengganti dengan trimpot baru. Dan hal ini tentu akan memerlukan peralatan solder dan sedotan timah serta timah untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Bila anda merasa sudah siap, perhatikan hal tersebut:

RP1 : Searah jarum jam untuk menaikan voltase bawah. Memutar berlawanan arah jarum jam akan membuat voltase star pada voltase di bawah 6V.

RP2: Searah jarum jam akan membuat voltase berhenti atau cutoff semakin tinggi, sehingga berpotensi merusak aki dalam jangka lama. Putar berlawanan arah jarum jam membuat charger berhenti mengisi aki pada voltase yang lebih rendah.

Saat pemasangan, pastikan anda menghungkan aki ke bagian deteksi aki ke pin 1 dan 2 serta voltmeter ke bagian voltmeter pada pin 3 dan 4.

Ini juga berfungsi sebagai sensor untuk hidup dan matinya charger, sehingga wajib dipasang.

Umumnya pemula banyak komplain ke toko soal ini karena menganggap kit tidak berfungsi padahal bagian ini belum terpasang.

Demikian sekilas cara setting kit XH-M601 modul control charger otomatis aki. Semoga bemanfaat. Baca juga artikel pendahuluan tentang XH-M601 sebagai kit control charger aki otomatis.

Author: Wikikomponen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *