Cara Merawat Peralatan Elektronik Yang Menggunakan Batere

Cara Merawat Peralatan Elektronik Yang Menggunakan Batere

WikiKomponen.comCara merawat peralatan elektronik yang menggunakan batere agar tetap awet. Peralatan seperti remote, bel, radio dan lainnya yang menggunakan batere sering kali tidak awet dan cepat rusak. Hal ini karena baterai dapat merusak peralatan tersebut dengan berbagai alasan. Sebaiknya baterai dilepas jika peralatan sedang tidak dipergunakan. Mengapa melepas baterai pada peralatan yang tidak dipergunakan dapat memperpanjang umur peralatan? Simak penjelasan berikut ini.

Cara Merawat Peralatan Elektronik Yang Menggunakan Batere - Gambar batere bocor
Cara Merawat Peralatan Elektronik Yang Menggunakan Batere

Cara Merawat Peralatan Elektronik Yang Menggunakan Batere

Seperti yang dijelaskan di atas, batere sebaiknya dilepas dengan berbagai alasan yaitu:

Menghindari Kerusakan Per Atau Pegas Kontak

Per padas peralatan elektronik yang dipasang dengan baterai terus menerus akan menyebabkan per baterai menjadi permanen, sehingga kontak antara baterai dan per menjadi longgar dalam jangka waktu lama.

Ads Metta3

Menghindari Korosi

Baterai yang dipasang terus-menerus dapat mempercepat proses korosi, terutama pada bagian kontak antara baterai dengan per. Akibatnya suatu saat per tersebut akan menjadi rusak dan tidak dapat lagi mengalirkan listrik dengan baik.

Korosi juga dapat disebabkan oleh bocornya baterai yang tidak dilepas dalam waktu lama. Baterai yang tidak berkualitas biasanya dibungkus dengan lapisan kertas, sehingga lebih mudah mengeluarkan minyak dan cairan kimia yang bisa merusak peralatan elektronik.

Terutama pada jenis baterai seperti jenis Alkalin, jika mengalami kebocoran akan menyebabkan korosi yang dapat merusak peralatan elektronik dengan mudah.

Buanglah Baterai Yang Sudah Habis

Baterai sekali pakai tidak dapat di isi ulang. Saat mengalami baterai habis, sebaiknya kedua baterai langsung dibuang.

Kebiasaan mencampur baterai tersebut membuat peralatan lebih cepat rusak. Baterai yang dicampur antara baterai baru dengan baterai kosong dapat menyebabkan peralatan bekerja pada daya yang tidak sesuai. Hal ini dapat mempercepat rusaknya peralatan terutama baterai dengan menggunakan motor.

Buanglah baterai yang telah habis, lalu gantilah seluruh baterai dengan baterai baru, sehingga terhindar dari tercampurnya baterai.

Mengisolasi Baterai Yang Tidak Terpakai

Jika baterai yang telah dilepas masih dalam kondisi baik dan akan dipakai dalam waktu dekat, sebaiknya tempelah kedua terminal positif dan negatif dengan isolasi kertas. Hal ini dapat memperpanjang usia baterai dan mengurangi kecepatan Discharge.

Cara merawat peralatan elektronik yang menggunakan batere perlu diperhatikan terutama pada peralatan elektronik kecil seperti remote atau mainan. Peralatan demikian cenderung memiliki terminal yang kecil, sehingga lebih rawan terhadap kerusakan akibat baterai.

Author: Wikikomponen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.